Alpen Steel | Renewable Energy

~ Belgia, Investor Proyek Biofuel

Lembaga non-pemerintah asal Belgia, SIPEF, berencana menginvestasikan sejumlah uang untuk pengembangan tanaman penghasil biofuel di kawasan penyangga (buffer zone), hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Hal ini disampaikan oleh Bupati Kabupaten Mukomuko, Ichwan Yunus yang mengatakan, "SIPEF selama ini dikenal sebagai pemodal utama PT Agro Muko, tapi untuk program ini mereka berencana mengembangkan tanaman penghasil biofuel, seperti jarak pagar, pohon kepahiang, nyemplung, kepuk dan kemiri Sultan."

Menurut Ichwan Yunus, program ini merupakan proyek non-profit dari SIPEF, sebagai bentuk pelestarian keanekaragaman hayati, khususnya di kawasan hutan penyangga untuk melindungi TNKS, serta meningkatkan nilai tambah perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan. SIPEF sendiri dikabarkan akan menginvestasikan 1 juta dolar AS untuk proyek ini, sementara Pemkab Mukomuko memiliki target ganda yaitu, menjaga kelestarian hutan serta menghasilkan bagi masyarakat.

Pemkab Mukomuko, sebagai penyedia lahan, telah menyiapkan cadangan lahan seluas lebih 6000 ha, dimana sekitar 500 ha diantaranya di Hutan Produksi Terbatas (HPT) Air Manjunto, yang saat ini dalam kondisi terbuka. Sementara itu, Project Manager SIPEF Indonesia, Olivier mengatakan, proyek ini terlepas dari aktivitas PT Agro Muko yang tergabung dalam PT Tolan Tiga, yang berkantor di Medan Sumatera Utara, meskipun SIPEF merupakan pemodal utama PT Agro Muko.

 

Kapanlagi (kpl/bar)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook