Alpen Steel | Renewable Energy

~ GM-Coskata Garap Ethanol Baru

General Motors (GM) mengumumkan kerjasama dengan Coskata Inc., perusahaan energi terbarukan asal Indiana, untuk memproduksi ethanol dengan metode baru yang lebih ramah lingkungan. Penguman GM itu dirilis di Detroit Motor Show 2008, disusul dengan peluncuran Hummer HX Concept dan Saab 9-4X BioPower. Keduanya menggunakan teknologi FlexFuel (bisa bensin, bisa ethanol). GM juga mengumumkan setiap Hummer yang diproduksi akan menggunakan mesin FlexFuel mulai tahun 2011.

Sistem baru ini memungkinkan produksi ethanol dari bahan baku selain jagung. Teknologi baru ini memungkinkan energi bahan bakar bio dari sumber daya alam terbarukan seperti dari limbah peternakan, limbah kota, bahkan dari ban bekas. Ini mengurangi ketergantungan terhadap produksi ethanol dari jagung yang juga merupakan salah satu sumber pangan manusia. Proses baru untuk mengubah jagung jadi bahan bakar ini juga lebih efisien dibandingkan yang dipakai saat ini. Proses saat ini membutuhkan 3-4 galon air untuk memproduksi 1 galon bahan bakar.

Proses yang dikembangkan Coskata membutuhkan kurang dari 1 galon air. Bahan bakar bio buatan Coskata juga lebih ramah lingkungan, mengurangi emisi gas buang rumah kaca hingga 84 persen. Dan yang paling menarik GM dan Coskata menjanjikan harga bahan bakar itu sekitar 1 dolar AS per galon, jauh di bawah harga saat ini yakni 3 dolar AS per galon. Bahkan Coskata akan meresmikan pabrik produksi pertamanya akhir tahun ini. Coskota memprediksi, pabrik itu memproduksi antara 50 – 100 juta gallon bahan bakar bio mulai pada tahun 2011.

 

Detroit, (PersdaNetwork/hbk)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook