Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penggunaan Biofuel Untuk Menggantikan Avtur Pesawat Terbang

Mandala Tertarik Gunakan Biofuel
 
 

 

KOMPAS/AGUS SUSANTOJAKARTA, KOMPAS.COM — Mandala Airlines tertarik menggunakan biofuel untuk bahan bakar pesawatnya. “Kalau memungkinkan, kita akan pakai. Termasuk tergantung juga ketersediaannya,” ujar Direktur Utama Mandala, Diono Nurjadin di Jakarta, Rabu (28/4/2010).

“Kalau memungkinkan, kita akan pakai.“

-- Diono Nurjadin --

Menurut Diono, penggunaan bahan bakar nabati ini sesuai dengan komitmen Mandala untuk mengurangi emisi di tiap penerbangannya. Penggunaan biofuel untuk menggantikan avtur bagi pesawat terbang memang belum banyak dilakukan. Beberapa maskapai penerbangan sipil yang tercatat menggunakan bahan bakar ini untuk beberapa pesawatnya adalah KLM dan Japan Airlines. 

Namun karena keterbatasan teknologi saat ini, penggunaan biofuel masih dibarengi dengan avtur dengan perbandingan 50:50.
 
Hingga saat ini belum ada keluhan berarti dari operator penerbangan akibat dari penggunaan biofuel. Teknologi yang mendukung juga sedang giat dieksplorasi. Termasuk oleh pabrik pesawat Airbus yang pernah menggunakan biofuel untuk uji coba pesawat superjumbo A380.

Yang dikawatirkan justru kestabilan pasokan bahan bakar tersebut. Penggunaan biofuel kemungkinan baru bisa dilakukan Mandala dengan pesawat A320 terbarunya yang akan datang mulai tahun depan. (Angkasa/Gatot R) Editor: made   |   Sumber : Majalah Angkasa

Sumber: KOMPAS

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook