Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penelitian Biodiesel Teknik Ultrasonik

 Ledakan di Batan Terjadi Saat Penelitian Biodiesel Teknik Ultrasonik

Ledakan yang terjadi di Laboratorium Crystal Growing, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), terjadi ketika para peneliti yang menjadi korban itu, tengah melakukan penelitian sintesa bahan biofuel atau bioediesel.

Hal itu disampaikan Kepala Batan Hudi Hastowo, yang mendampingi Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto, dalam jumpa pers di Batan, Serpong, Tangerang, Selasa (11/9/2007).

"Kegiatan yang dilakukan peneliti itu melakukan sintesa bahan biofuel atau bioediesel, dengan teknik ultrasonik yang menggunakan metode estrifikasi," jelas Hudi.

Selain penelitian itu, tutur Hudi, para peneliti itu juga sedang membuat bahan additif terkait. Bahan additif ini nantinya, diharapkan dapat meningkatkan nilai sectan untuk MFO (marine fuel oil) yang dihasilkan.

"Sehingga, proses pembakaran bahan bakar tersebut menjadi lebih efektif," paparnya. Menurut Hudi, seluruh kegiatan penelitian yang berakhir ledakan itu, dilakukan di laboratorium kimia biasa atau non radiasi. "Ini, artinya di luar pagar kuning," tegas Hudi kembali. (ism)

Sumber : Ledakan di Batan Terjadi Saat Penelitian Biodiesel Teknik Ultrasonik

JAKARTA

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook