Alpen Steel | Renewable Energy

~Penjelasan Terkait Ledakan Pipa Gas di Pengalengan

Penjelasan Terkait Ledakan Pipa Gas di Pengalengan

Telah terjadi gerakan tanah longsor besar di Kampung Cibitung, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tanah longsor terjadi di atas instalasi pipa dan menyebabkan pipa bergeser serta tertimbun sehingga putus. Akibatnya, uap yg keluar dari pipa tersebut ikut tertimbun sehingga lama-lama seperti ledakan hari ini, Selasa (5/5). Gerakan tanah terjadi pada pukul 14.30 WIB dan hingga berita ini diturunkan dilaporkan terdapat 1 korban jiwa.

Direktur Panasbumi Kementerian ESDM,Tisnaldi menjelaskan, gerakan tanah longsor terjadi di atas instalasi pipa dan menyebabkan pipa bergeser serta tertimbun sehingga putus. Akibatnya, uap yg keluar dari pipa tersebut ikut tertimbun sehingga lama-lama seperti ledakan.

"Terdapat korban jiwa satu orang dan beberapa terluka akibat terkena longsoran ini namun bukan karena ledakan pipa," ujar Tisnaldi.

Mengenai penyebab terjadinya gerakan tanah Tisnaldi memperkirakan, akibat curah hujan yang tinggi yang turun terus menerus di hulu atau bagian atas pipa yang memang kondisi kondisi tanahnya labil akibat aktivitas pertanian (seperti penanaman kentang).

Selanjutnya, Kementerian ESDM dan PT Star Energy menyatakan turut berduka cita atas jatuhnya korban akibat tanah longsor tersebut. PT Star Energy bersedia untuk membantu para korban, termasuk memperbaiki 4 rumah penduduk yang terkena longsor dan untuk sementara waktu PT Star Energy akan menghentikan operasi unit 1 (110 MW) dan 2 (117 MW) secara total. (RZ/SF)

Sumber : http://ebtke.esdm.go.id/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook