Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kotoron Hewan Jadi Listrik

Kearifan Lokal
Bondowoso Kembangkan Bioenergi Listrik

 

BONDOWOSO, KOMPAS - Sepuluh unit instalasi bioenergi listrik dari PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) yang dihibahkan ke lima desa siap beroperasi. Setiap unit bioenergi listrik, dengan bahan baku dari kotoran 8 sapi, dapat mengantar energi setara 4 liter minyak tanah atau 1.000 kWh listrik.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni di Desa Sumber Tengah, Kecamatan Binakal, Bondowoso, Rabu (3/3) mengatakan, biogas dari kotoran ternak selain menghasilkan listrik, juga memproduksi pupuk padat sebanyak 15 kilogram serta pupuk cair sebanyak 150 liter per hari. "Jika asumsi harga pupuk padat Rp 300 per kilogram dan pupuk cair Rp 50 per liter, nilai tambah yang didapat petani Rp 12.000 per-hari," ujar Amin Said Husni.

Padahal setiap sapi rata-rata mengeluarkan kotoran hewan basah sebanyak 30 kilogram per hari. Jika kotoran tersebut dimanfaatkan sebagai bahan dasar biogas, bisa menghasilkan bahan bakar hewani setara 0,5 liter minyak tanah.

Ada lima desa yang memperoleh hibah instalasi energi listrik biogas, antara lain Desa Pakuwesi dan Sumber Salak di Kecamatan Curahdami, Desa Wonosari di Kecamatan Grujugan, Desa Jirek Mas di Kecamatan Cerme, dan Desa Sumber Tengah di Kecamatan Binakal.

Bantuan instalasi ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat dan petani agar memahami arti kebersihan lingkungan dan sanitasi. Selain itu, melatih kebiasaan peternak agar jangan membuang atau membakar bekas kotoran sapi di sembarang tempat.

"Kami berharap bioenergi listrik dapat dimanfaatkan dan sekaligus menjadi contoh bagi daerah lain yang belum terjangkau jaringan listrik," katanya. Dengan langkah ini juga diharapkan adanya kearifan lokal soal pemberdayaan masyarakat sekitar agar memanfaatkan kotoran ternak sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar minyak.(SIR)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook