Alpen Steel | Renewable Energy

~ PEngembangan Biogas Untuk Warga Tidak Mampu

 Kalsel Kembangkan Biogas untuk Warga Miskin

BANJARMASIN-MI: Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sejak dua tahun terakhir mengembangkan sumber energi alternatif dari kotoran ternak sapi (biogas). Pengembangan biogas diprioritaskan bagi warga miskin dan terpencil terkait sulitnya penyediaan bahan bakar minyak dan energi listrik.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kalsel, Ali Muzanie, Minggu (25/10), mengatakan pengembangan energi alternatif biogas ini mulai digalakkan sejak 2007 lalu. "Kegiatan pembimbingan pembuatan dan pemanfaatan biogas di Kalsel sudah dilakukan di berbagai kabupaten," katanya.

Teknologi biogas merupakan proses transformasi penguraian limbah proses mikrobiologi untuk menghasilkan Gas Bio. Biogas merupakan gas mudah terbakar yang sangat cocok digunakan sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan pengganti minyak tanah dan gas.Â

Di Kalsel pengembangan biogas ini masih mengandalkan limbah atau kotoran binatang ternak sapi. Warga di beberapa daerah seperti Kecamatan Tanjung dan Haruai di Kabupaten Tabalong, Kecamatan Awayan, Balangan dan Labuan Amas, Hulu Sungai Tengah sudah memanfaatkan energi alternatif ini.

Demikian juga dengan sebagian warga perternak di Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjarbaru dan Barito Kuala.

Hal serupa dikemukakan, Kepala Dinas Peternakan Kalsel, Maskamian Anjam yang mengatakan pihaknya mulai memfokuskan pengembangan energi alternatif biogas untuk warga miskin di daerah terpencil.

"Biogas selain dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari pengganti minyak tanah untuk memasak juga diharapkan dapat mengatasi masalah kelanggaan energi listrik di daerah terpencil," ungkapnya. Kabupaten Barito Kuala yang merupakan daerah terpencil dan menjadi salah satu sentra peternakan sapi di Kalsel akan dijadikan pusat pengembangan biogas ini.  


Sent from my BlackBerry® powered by

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook