Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pakai Tong Cukup untuk Cukup

Biogas Cukup Pakai Tong

Pemkab Malang cukup serius untuk menjadikan biogas sebagai alternatif pengganti minyak tanah dan elpiji. Keseriusan itu bisa dilihat dari banyaknya satuan kerja di pemkab yang berlomba-lomba mengembangkan program biogas.

Setelah dinas peternakan dan dinas cipta karya, kini giliran dinas energi sumber daya mineral (ESDM) mengembangkan program biogas.

Pembuatan biogas yang disosialisasikan oleh ESDM cukup ekonomis dan bejananya bisa dipindah-pindah dengan biaya tak sampai Rp 1 juta. Bejana untuk menyimpan kotoran ternak tersebut menggunakan tong plastik. Memungkinkan sekali bisa dipindah-pindah tempat. Teknologi biogas ini bisa digunakan untuk satu rumah saja.

Selama ini, bejana biogas biasanya tak bisa dipindah-pindah karena tertanam di tanah dengan cara dicor.

"Ada berbagai macam energi terbaru yang akan kami kembangkan di masyarakat sekarang ini," ucap Didik Budi Muljono, kepala Dinas ESDM Pemkab Malang saat melakukan pelatihan dan sosialisasi biogas di balai Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, kemarin.

Pelatihan dan sosialisasi itu sendiri diberikan karena masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang energi biogas. Dengan adanya energi alternatif seperti biogas, desa-desa di kabupaten diharapkan bisa mandiri energi.

Selain mampu menjadi energi alternatif, biogas juga mampu membersihkan lingkungan dari kotoran ternak yang kerap ditumpuk begitu saja. Sedangkan sisa hasil pembuatan biogas dimanfaatkan sebagai pupuk pertanian.

"Potensi ternak di Kabupaten Malang cukup banyak. Sayang, semua kotoran dijual dan tidak dimanfaatkan," kata Ali Sobiri, kabid Manfaat ESDM Pemkab Malang.

Dia menjelaskan, beberapa desa di lima kecamatan sudah menggunakan teknologi biogas. Diantaranya Kecamatan Ngantang, Pujon, Tumpang, Ngajum dan Jabung. Secara bertahap, pengembangan biogas akan dikembangkan di kawasan yang banyak terdapat ternaknya.

Kepala Desa Wringinsongo Ainur Rofiq mengatakan, dirinya sangat mendukung program ESDM. Mengingat selama ini kotoran ternak tidak pernah dimanfaatkan. Hanya dijual setelah kotoran mulai menumpuk di kandang.

(bb/fir)

TUMPANG -
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook