Alpen Steel | Renewable Energy

~ Dirintis System Energi Alternatif Biogas

 
 Energi Alternatif Biogas Dirintis
 
 
Energi Alternatif Biogas DirintisDua unit alat pengolah limbah kotoran ternak menjadi energi alternatif-biogas-kemarin diserahkan secara simbolis oleh Sekkab Lamongan Fadeli dalam kunjugannya ke Kecamatan Brondong. Dua unit alat pengolah limbah kotoran ternak sebagai bagian dari program pengembangan Biogas Asal Ternak Bersama Masyarakat (Batamas) itu baru pertama kalinya di Lamongan.

Dua unit alat pengolah limbah kotoran ternak menjadi energi alternatif-biogas-kemarin diserahkan secara simbolis oleh Sekkab Lamongan Fadeli dalam kunjugannya ke Kecamatan Brondong. Dua unit alat pengolah limbah kotoran ternak sebagai bagian dari program pengembangan Biogas Asal Ternak Bersama Masyarakat (Batamas) itu baru pertama kalinya di Lamongan.

    PP Al-Islam Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro dan Kelompok Ternak Lembu Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong adalah dua lembaga yang menerima Batamas tersebut dari Fadeli. Selain bantuan program Batamas, Fadeli pada kesempatan tersebut juga menyerahkan secara simbolis bantuan kegiatan pengembangan budidaya kambing/domba sejumlah 750 ekor pada 15 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).
     Fadeli yang juga Ketua Dewan Pembina Kabupaten KORPRI Lamongan tersebut dalam sambutannya menuturkan besarnya potensi yang dimiliki daerah pesisir Lamongan yang meliputi Kecamatan Paciran dan Brondong.

Dengan garis pantai mencapai 47 kilometer, perlu dukungan besar dari masyarakat untuk mewujudkan potensi tersebut menjadi sebuah karya nyata yang dapat bermanfaat untuk masyarkat itu sendiri. Seperti yang sering dikatan Bapak Bupati (Masfuk), diperlukan inovasi-inovasi untuk bisa memanfaatkan potensi itu. Jangan sia-siakan potensi yang ada,  tutur Fadeli.
    Saya juga sampaikan terima kasih pada masyarakat yang telah ikjut menjaga suasana kondusif dalam beberapa pesta demokrasi yang telah digelar di Lamongan. Karena dengan adanya suasana kondusif itulah, investor berbondong-bondong dan tidak takut menanamkan modalnya di Lamongan,  lanjut dia.
    Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas dan Protokol Lamongan Aris Wibawa mengatakan program Batamas dan bantuan kegiatan pengembangan budidaya kambing/domba tersebut adalah bagian dari program Pemkab Lamongan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Lamongan. Masing-masing unit alat pengolah limbah kotoran ternak menjadi biogas tersebut didapatkan dari dana

APBN.Melihat manfaatnya yang besar, tahun depan akan kembali diusulkan sejumlah tiga unit alat pengolah tersebut,  terangnya.
    Sementara bantuan kegiatan pengembangan budidaya kambing/domba, lanjut Aris, adalah murni diambilkan dari APBD Lamongan. Setiap LMDH akan menerima 40 ekor kambing betina dan 10 ekor kambing jantan. Total anggaran untuk program ini mencapai Rp 547.500.000. Sejumlah 15 LMDH itu sendiri tersebar di 10 Kecamatan di Lamongan, 

Oleh : kabupaten lamongan  
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook