Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kompor dari Minyak Kelapa di sosialisaikan oleh Pemerintah

Pemerintah Sosialisasikan Kompor Berbahan Bakar Minyak Kelapa

 

EBTKE-- Kini, warga desa tak perlu susah lagi mencari kayu bakar maupun mencari minyak tanah dan gas sebagai bahan bakar untuk memasak. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) mencanangkan program kompor bioenergi dengan memanfaatkan bahan bakar nabati. Sebagai tahap awal perkenalan program kompor bioenergi tersebut, dilakukan sosialisasi di Desa Taman Jaya, Kecamatan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Alasan dipilihnya desa tersebut dikarenakan terdapat banyak pohon kelapa yang melimpah ruah sehingga memiliki potensi bahan bakar yang sangat besar.

Dengan pabrik pengolahan yang telah didirikan Pemerintah, warga desa hanya perlu menyediakan kelapa yang nantinya dikeringkan untuk diolah menjadi minyak kelapa untuk bahan bakar. Sebagai perbandingan, 4 buah kelapa dapat dijadikan minyak kelapa dengan volume 1 liter, jika dibandingkan dengan harga minyak tanah yang berkisar Rp 14.000/liter di desa tersebut, tentu saja hal ini lebih menguntungkan secara ekonomi.

Dari sisi pembakaran, menggunakan minyak kelapa akan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna jika dibandingkan dengan kayu bakar yang pembakarannya justru menghasilkan polusi sebagai efek pembakaran yang tak sempurna.

Cara penggunaan kompor ini pun sangat mudah yaitu kompor dibuka dan diinjeksikan spiritus sebagai katalis. Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan viskositas minyak kelapa yang memang sangat kental. Selanjutnya kompor yang telah diisi minyak kelapa, dibakar pada bagian sumbunya, setelah itu api pun akan menyebar di sekeliling kompor, lalu kompor ditutup kembali.

Jika api yang dihasilkan berwarna biru berarti terjadi pembakaran sempurna. Dalam demo yang telah dilakukan sebelumnya, memasak air dengan kompor berbahan bakar nabati ini hanya perlu 15 menit, sedangkan apabila menggunakan kayu bakar bisa sampai 30 menit. (Ruffer)

(www.esdm.go.id)


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook