Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pengembangan Sel Bahan Bakar BPPT

Sel Bahan Bakar BPPT Hasilkan 1.000 Watt

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi terus mengembangkan teknologi sel bahan bakar dan kini sudah menghasilkan listrik 1.000 watt. Dengan maraknya pembahasan pemanasan global, teknologi produksi energi yang tak ada emisinya ini makin mendapat perhatian dunia.

Teknologi sel bahan bakar berkapasitas 1.000 watt ini untuk pemenuhan listrik permukiman," kata Eniya Isbani Dewi, peneliti pada Pusat Teknologi Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Senin (29/6) di Jakarta.

Sel bahan bakar tak ubahnya aki yang memiliki anoda dan katoda. Pada kutub anoda terdapat gas hidrogen, sedangkan pada katoda terdapat oksigen sebagai oksidator. Arus listrik timbul ketika ion hidrogen dan elektron dari anoda mereduksi oksigen hingga terjadi perbedaan potensial yang menjadi arus listrik. Limbahnya berupa air murni.

Menurut Eniya, sumber energi sel bahan bakar paling murah yaitu menggunakan biohidrogen. Produksi biohidrogen melalui fermentasi biomassa berbagai bahan seperti limbah singkong, nira, dan sorgum. Biaya produksinya di bawah harga produksi listrik PLN, Rp 700 per kilowatt Untuk produksi, kendalanya yaitu investasi awal. "Sel bahan bakar produksi 500 watt dari BPPT sudah dimanfaatkan untuk sepeda motor listrik tanpa baterai," katanya. Beberapa perusahaan swasta di Indonesia saat ini mulai merintis pengembangan sel bahan bakar.

"Produksi energi secara ramah lingkungan ini yang terpenting yaitu di bagian produksi hidrogen. Melalui proses elektrolisis dengan sumber air laut itu memberikan peluang yang paling memungkinkan," kata Direktur PT Colano EP Yasser Rahman.
Yasser berniat mengembangkan produksi hidrogen di Mamuju, Sulawes* Barat

(NAW) Kompas, 30 June 2009-

 Ditulis oleh Luthfi Hani   

 
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook