Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pengembangan Motor Listrik Sel Bahan Bakar

BPPT Kembangkan Motor Listrik Fuel Cell

motor fuel-cell-

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus mengembangkan motor listrik berbasis “fuel cell” dengan bahan bakar hidrogen berkapasitas 500 Watt.

“Energi ini di masa depan akan jadi basis pergerakan dunia menggantikan minyak bumi, meski saat ini di berbagai negara tahapannya masih dalam bentuk riset, termasuk di Indonesia,” kata Kepala BPPT Dr Marzan Aziz Iskandar di sela “International Conference on Fuel Cell and hydrogen Technology” di Jakarta, Rabu.

Dikatakan Marzan, fuel cell merupakan teknologi ramah lingkungan yang hasil reaksinya selain listrik, yakni air murni dan panas, dengan demikian tidak mengeluarkan emisi gas buang berbahaya seperti NOx atau SOx dan tak menyumbang efek rumah kaca.

Selain bersih, fuel cell juga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi terhadap konversi energi yakni 40-70 persen. Tingkat efisiensi dari hidrogen ke listrik sebesar 55 persen jika dibandingkan dengan pembakaran minyak bumi menjadi panas yang hanya 20-25 persen.

Sementara itu Kepala Program Proyek Fuel Cell dari Pusat Teknologi Material BPPT, Dr Eniya Listiani Dewi mengatakan, motor listrik fuel cell yang sedang dikembangkannya menggunakan bahan bakar dari hidrogen dengan konsumsi satu liter hidrogen untuk setiap satu km.

Karena sistemnya tanpa baterai, lanjut Eniya, motor tersebut membawa-bawa tangki sebesar termos yang menempatkan 740 liter hidrogen. Hidrogen kemudian diubah oleh fuel cell langsung menjadi energi listrik yang menjalankan motor.

Harga hidrogen diakuinya masih cukup mahal, yaitu untuk 7.000 liter hidrogen “high grade” harganya mencapai sekitar Rp1 juta, namun ada pula yang hanya Rp600 ribu dengan kualitas lebih rendah.

Tetapi, ujar dia, BPPT sudah membuat sendiri komponen lokal dari teknologi fuel cell ini sampai 80 persen, sisanya seperti membran yang digunakan sebagai katalisator yang memecah atom hidrogen menjadi elektron dan proton, masih impor.

Selain diaplikasikan untuk menjalankan motor, fuel cell juga bisa diaplikasikan untuk keperluan listrik rumah tangga dan telah diuji coba dengan mengkombinasikannya dengan fotovoltaik atau energi surya, ujar dia.

Pada konferensi yang memamerkan prototipe teknologi fuel cell BPPT itu, sejumlah pakar fuel cell dari Jepang juga hadir, misalnya Prof Dr Sasaki Kazunari, Prof Oyaizu Kenichi, juga pakar fuel cell dari Malaysia Prof Wan Ramli Wan Daud dan dari Singapura Dr Karl Erik dan Thava Kumar.

(*an/ham)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook