Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pabrik Motor Jepang Kembangkan Teknologi Fuel Cell

Daihatsu Kembangkan Teknologi "Fuel Cell"

Daihatsu Motor Co.,pabrik mobil dari Jepang, Jumat (14/9), di Tokyo, Jepang menegaskan bahwa mereka kini tengah mengembangkan penggunaan teknologi fuel cell untuk kendaraan bermotor yang diproduksi.
"Prioritas pada teknologi fuel cell akan memberikan sejumlah keuntungan, termasuk ikut melestarikan lingkungan, biaya murah, hasil yang maksimal, dan keamanan, serta mudah dirawat," demikian pernyataan perusahaan tersebut.
Teknologi ini pada dasarnya adalah memanfaatkan hidrogen untuk menghasilkan sumber tenaga mobil, khususnya yang menggunakan listrik. Teknologi ini dikenal sangat ramah lingkungan. Bahkan tekno-logi fuel cell yang dikembangkan Daihatsu ini tidak akan menghasilkan emisi karbondioksida sama sekali.
Jadi, dengan salah satu tujuan membantu melestarikan lingkungan global, Daihatsu akan mengakselerasikan penelitiannya dengan pengembangan teknologi lebih mendalam lagi.
Kini memang ada kecenderungan perusahaan-perusahaan elektronik dan industri mobil di Jepang, aktif mengembangkan teknologi fuel cell. Teknologi ini menggunakan bahan kimia seperti hidhrogen dan oksigen, untuk menghasilkan listrik dengan dampak yang sangat kecil terhadap lingkungan.
Untuk mengembangkan teknologi fuel cell ini menurut Daihatsu menggandeng Badan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Industri Maju Jepang.
Daihatsu adalah industri mobil yang mengkhususkan diri pada kendaraan kecil dan murah. Kini di pasar internasional perusahaan itu mengeluarkan kendaraan dengan nama Coure, Sirion dan Terios.
Rata-rata per tahun Daihatsu memproduksi 850.000 unit kendaraan dan 292.000 mobil untuk merek Toyota. Bahkan juga memproduksi 9.000 mobil OEM per tahun untuk Toyota dengan model keluaran Daihatsu.
Perusahaan yang didirikan tahun 1907 itu memiliki empat pabrik di Jepang dan produknya diekspor ke lebih dari 140 negara. Kini 51 persen saham perusahaan mobil itu dimiliki oleh Toyota.
 
Suara Pembaruan

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook