Alpen Steel | Renewable Energy

~ Teknologi Sel Bahan Bakar Diterapkan LIPI

LIPI Mulai Terapkan Sel Bahan Bakar

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah menerapkan teknologi energi sel bahan bakar (fuel cell) berbahan bakar hidrogen dengan limbah senyawa air murni. Sel bahan bakar itu diaplikasikan pada proyek pembangkit listrik di daerah terisolir di Desa Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

Demikian dijelaskan Deputi Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jan Sopaheluwakan, Senin (12/5), di Jakarta. Penerapan teknologi energi paling mutakhir ini adalah yang pertama kali di Indonesia. Serupa dengan energi terbarukan dan energi alternatif lain, langkah komersialisasi dan menuju industri dikhawatirkan terhambat.

”Tugas pemerintah seharusnya membuka peluang pasar terlebih dahulu,” kata Jan. Menurut dia, anggaran untuk pengembangan energi ada di beberapa departemen, yaitu Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, atau Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, programnya berjalan sendiri-sendiri dan tidak pernah diarahkan membuka peluang pasar bagi energi terbarukan dan alternatif.

Sel bahan bakar di Malingping, menurut Jan, adalah proyek Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal. Sel tersebut merupakan sel hibrid dengan tenaga angin dan sel surya. Hasil riset diharapkan bisa direkomendasikan sebagai proyek terintegrasi antarinstansi dengan berbagai sumber energi terbarukan yang melimpah di Indonesia, termasuk biomassa.

Koordinator proyek tersebut dari LIPI, Achiar Oemry, mengatakan, aplikasi bahan bakar hidrogen dan teknologi fuel cell mampu mengatasi persoalan penyimpanan energi listrik menjadi gas hidrogen. Kapasitas pembangkit listrik berpola hibrid dari semua energi terbarukan di Malingping itu sekitar 3 kilowatt.

”Produksi hidrogennya bergantung pada faktor kelebihan produksi listrik dari sel surya dan turbin angin,” kata Oemry. Di negara maju, termasuk China, hidrogen digunakan untuk bahan bakar mobil. (NAW

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook