Alpen Steel | Renewable Energy

~ Charger Ramah Lingkungan

MTI Janjikan "Charger" Ramah Lingkungan

Baterai pada perangkat portabel umumnya harusnya diisi ulang ketika habis dayanya. Dan untuk melakukannya selama ini kita menggunakan charger yang dikoneksikan ke jala-jala listrik bukan?

Akhir tahun depan mungkin kita tidak harus mencari colokan listrik saat ingin mengisi ulang daya baterai perangkat portabel yang kita miliki. Saat berada di jalan pun bisa. Sebab Mechanical Technology (MTI) sudah mengembangkan charger fuel-cell bagi perangkat portabel yang berbasiskan metanol. Alat berupa removable cartridge itu bisa menghasilkan daya 25 watt jam.

Perangkat yang disebut charger Mobion itu juga tidak membebani saat dibawa-bawa. Sebab ukurannya kira-kira sebesar lampu senter kecil. Di dalamnya sudah terkemas port USB sehingga sembarang perangkat yang dikoneksikan via kabel USB bisa dihubungkan untuk diisi ulang daya baterainya. Menurut MTI, satu cartridge yang bisa diisi ulang (refillable cartridge) bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai ponsel sebanyak 10 kali.

Charger itu sendiri digerakkan oleh sebuah Mobion Chip yang bersifat proprietary. Di lab uji, demo chip tersebut menghasilkan daya 62mW/cm2 yang membuahkan energi 1800 Wh/kg (watt per jam per kg) dari asupan langsung bahan bakar metanol. Sebuah LED menunjukkan apakah perangkat itu sedang bekerja dan juga menunjukkan tingkat cadangan bahan bakar yang tersedia.

Mobion, begitu menurut MTI, akan dipasarkan pada akhir tahun 2009. Namun, harganya belum diungkapkan, begitu juga kompatibilitasnya terhadap produk yang sudah ada saat ini.

ALBANY, JUMAT 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook