Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pengembangan Energi Laut di DIY

Setrum dari laut [indonesia bisa!]

Pengembangan energi terbaru di DIY dilakukan selain bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di daerah terpencil/tertinggal yang belum bisa grid-connection ke PLN. Hal ini sesuai dengan PP No 3 tahun 2005 yang menyatakan bahwa penyediaan energi listrik untuk daerah tertinggal dan terisolir menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan pusat.
parangrucukMelihat potensi dan kebutuhan penyediaan energi di DIY, maka pemerintah DIY melakukan kerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi) untuk mengembangkan Techno Camp di daerah Pantai Parang Racuk, Baron, Gunung Kidul. Techno Camp merupakan sebuah area yang dikhususkan untuk pengembangan energi terbarukan. Pada area Techno Camp ini dikembangkan pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya yaitu photovoltaic, pengembangan energi biomassa dan pembangkit listrik tenaga gelombang laut. Ini merupakan proyek penelitian yang dilakukan oleh BPPT dan yang pertama di Indonesia.
Selain dengan pengembangan Techno Camp, pada tahun 2007 pemerintah juga telah memulai mengembangkan energi terbarukan dengan menggunakan alokasi dana APBN dibawah Direktorat Jenderal Listrik dan Pengembangan Energi (DJLPE) dan Yogyakata merupakan salah satu daerah yang menjadi target dari pemerintah pusat. Untuk daerah Yogyakarta, energi terbarukan yang telah dikembangkan adalah PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro), PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).http://www.kamase.org

GAMBAR-GAMBAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK
Spoiler for 1:

 

Spoiler for 2:

 

Spoiler for 3:

 

Spoiler for 4:
 
 


  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook