Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gelombang Laut Perairan Selatan, Kab Garut

Gelombang Laut Garut Capai Ketinggian Empat Meter

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung, Jumadi, Selasa mengemukakan gelombang laut perairan Selatan Jawa Barat, termasuk lepas pantai Selatan kabupaten Garut berkisar 3,0 meter dan meter 4,0 meter.

Dengan arah angin bertiup dari timur-tenggara berkecepatan 10 knots atau 18 km/jam berlangsung hingga pukul 19.00 WIB , demikian dalam surat edarannya bernomor ME.103/BDG/IX/09/144 tertanggal 1 September 2009.

Sementara itu, camat Pameungpeuk Jujun Jumhana yang wilayahannya di Garut Selatan, ketika dihubungi mengatakan, adanya peringatan prakiraan tinggi gelombang laut bisa membahayakan perahu nelayan, tetapi tampaknya kurang mendapatkan tanggapan warga nelayan setempat.

Karena mereka semakin terdesak pemenuhan kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri, terlebih lagi selama ini kerap terjadinya gelombang laut tinggi, katanya.

Sehingga kondisi yang dapat mebahayakan nelayan tersebut, sering terkalahkan oleh mendesaknya kebutuhan pokok mereka. “Kerana itu, banyak diantara mereka terpaksa tetap melaut untuk mencari ikan,” katanya.

Meski begitu, informasi resmi yang bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika ini tetap diupayakan untuk disampaikan kepada masyarakat pesisir pantai, ujarnya.

Dipihak lain, Camat Jujun Jumhana menyebutkan, kendati memiliki potensi rumput laut berkualitas tinggi yang berlimpah-ruah, namun selama ini masih belum bisa dilakukan pembudidayaan setelah berulangkali dilakukan uji coba.

Maka hasil laut tersebut, hanya bisa diperoleh dari habitatnya yang mengalami kesulitan untuk memamennya saat terjadi gelombang besar, bahkan juga cukup membahayakan.

Namun banyak pula warga nelayan, yang berupaya memungutnya saat gelombang ombak terbawa arus ketengah, kemudian mereka berlarian ke tepi pantai saat gelombang menghempas bibir pantai, ungkapnya.

Kondisi tersebut juga berlangsung pada sepanjang pesisir pantai Garut selatan dengan bentangan sejauh 83 km, mulai perbatasan Garut-Cianjur hingga perbatasan Garut-Tasikmalaya.

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook