Alpen Steel | Renewable Energy

~ Energi Gelombang Laut Berpotensi di Indonesia


 Indonesia Simpan Potensi Energi Gelombang Laut

altIndonesia mempunyai lautan seluas 5,8 juta km dihitung secara kartografis. Hal ini dinilai mempunyai potensi energi gelombang laut yaitu sepanjang pesisir Barat Sumatera, Selatan Jawa, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

“Sumber energi gelombang laut dapat dimanfaatkan dengan mengetahui tinggi, panjang dan periode waktu gelombang, “ kata kapuslitbang Geologi Kelautan (P3GL) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Subaktian Lubis bersama Mira Yosi dalam suatu penelitian yang dikutip WartaEkonomi dari situs DESDM pada Jum'at (12/6) kemarin.

Energi alternatif berbasis gelombang laut dihasilkan dari pasang surut air laut. Energi ini timbul akibat Ocean Thermal Convension/OTEC (perbedaan suhu permukaan air dengan dasar laut) dan energi arus laut.

“Untuk menangkap energi gelombang tersebut dapat dilakukan dengan tiga cara, menggunakan pelampung, kolom air yang berosilasi (oscillating water column), dan wave surge, “ ujarnya.

Sejumlah kelebihan yang dipeoleh dari energi gelombang berupa energi tidak perlu bahan bakar, dapat diperbaharui, energi besar, dan murah. Namun, suatu kekurangan dialami energi tersebut seperti ketergantungan karakteristik gelombang bisa menghasilkan energi besar dan tidak.

Dengan begitu lokasi gelombang laut perlu diperhitungkan secara tepat. Tempat yang dimaksud terus mempunyai gelombang dan peralatan tahan cuaca buruk.

Energi gelombang dibandingkan energi matahari dan angin mempunyai potensi sampai 90% dengan kawasan tidak terbatas. Daya energi gelobang dapat diperhitungkan dengan data angin berupa angin yang bertiup di permukaan laut.
 
Kecepatan angin minimum yang dapat membangkitkan gelombang sekitar 10 knot (5 m/det). Konversi tinggi dan periode gelombang dipergunakan persamaan gelombang bagi perairan dangkal.

Mochamad Ade Maulidin

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook