Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penemu Blue Energy dari Nganjuk

Joko Suprapto, Warga Nganjuk – Penemu Blue Energy

Bali : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, hari Senin (3/12) sore, menerima laporan Heru Lelono, Ketua Tim Blue Energy, tentang perkembangan percobaan bahan bakar non fosil yang dinamakan Blue Energy atau Minyak Indonesia Bersatu. Blue Energy atau Minyak Indonesia Bersatu adalah bahan bakar sintetik yang dibuat dari substitusi molekul Hidrogen dan Karbon tak jenuh. Proses pembuatannya sama dengan minyak fosil, namun dengan kadar emisi yang jauh lebih rendah.

Rombongan kendaraan berbahan bakar Blue Energy berangkat dari kediaman SBY di Puri Cikeas Indah hari Minggu (25/11) sore. Di Bali, rombongan ini mengikuti eksebisi clean air, clean fuel and clean vehicle berkaitan dengan diselenggarakannya Konferensi Internasional Climate Change pada tanggal 3-14 Desember 2007. “Keikutsertaan kita adalah untuk menunjukkan bahwa anak bangsa Indonesia mampu mencari jawaban terhadap masalah-masalah yang dihadapi, khususnya mengenai bahan bakar,” kata Heru kepada wartawan.

Menurut Heru, jenis mobil yang masuk dalam tim antara lain dua Ford Ranger 2500 CC, satu Isuzu Panther 2500 CC Diesel, satu Mazda Familia 1800 CC serta satu Bus Mitsubishi 4000 CC. “Seluruh mobil itu bisa sampai di Denpasar, dan langsung dicek di bengkel yang dilengkapi dengan alat uji emisi dari PBB. Hasilnya, seluruh mobil dalam kondisi yang sangat baik,” jelas Heru.

Tim ekspedisi Blue Energy juga pernah mencoba menggunakan minyak sintetis tersebut pada mesin diesel di Dataran Tinggi Dieng. “Biasanya kalau menggunakan bahan bakar solar akan langsung beku apabila didiamkan semalaman. Namun minyak sintetis sudah dicoba semalaman di sana, dan pagi harinya langsung kita start ternyata bisa, ” kata Heru, didampingi Jubir Presiden, Andi A. Mallarangeng.

Kata Andi, Presiden SBY menyambut baik upaya-upaya kreatif anak bangsa untuk mencari energi alternatif non fosil. “Baik itu
Bio Fuel, Energi Surya dan angin. Dan karena itu, Presiden mendukung upaya-upaya semacam itu dan mengharapkan upaya-upaya itu bisa menjadi upaya yang berskala besar yang bisa memenuhi kebutuhan energi kita,” jelas Andi menutup konferensi pers yang diadakan di depan Sawangan Ballroom, Hotel Nikko, Nusa Dua, Bali. (mit)

Sumber : http://www.indopos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=182899&c=61

RADAR KEDIRI

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook