Alpen Steel | Renewable Energy

~Air Terjun Digital Pengukur Polusi Udara

Air Terjun Digital Pengukur Polusi Udara

Pernah melihat alat pengukur polusi udara di sekitar jalan yang Anda lewati? Alat ini akan menunjukkan tingkat polusi udara yang ada di wilayah alat tersebut ditempatkan. Bentuknya besar dan tinggi, terdiri dari papan digital berwarna hitam dengan tabel skala digital berwarna-warni.

Berbeda dengan alat pengukur polusi pada umumnya, seorang seniman asal Amerika Serikat membuat karya instalasi yang fungsinya serupa dengan alat pengukur polusi udara. Sang seniman,Andrea Polli, menciptakan seni instalasi berbentuk air terjun digital yang akan memperlihatkan kadar polusi dalam udara. Karya ini diberinya nama “Particle Falls”.

Air terjun ini terbuat dari berkas-berkas cahaya yang ditembakan ke titik tertentu dan dioperasikan secara khusus dengan nephelometer. Air terjun digital tersebut mengeluarkan aneka macam warna -biru, kuning, dan merah- tergantung tingkat polusi udara yang terkandung dalam udara di sekitarnya. Tiap warna ini menunjukkan kadar pencemaran udara.

Andrea Polli adalah seniman sekaligus profesor pada jurusan Seni dan Ekologi di Universitas New Mexico. Polli memadukan karya seni berupa keindahan dan kecanggihan teknologi. Aksi seni instalasi ini sudah ia lakukan sejak tahun 2010 di San Jose, California. “Particle Falls” juga pernah dipamerkan di Detroit, Philadelphia, dan Pittsburgh.

Karya instalasi ini ditempatkan di tempat-tempat publik, salah satunya di persimpangan jalan. “Memperkenalkan ‘Particle Falls’ di beberapa tempat yang berbeda telah memberikan pengalaman yang membuka wawasan, dan menekankan betapa pentingnya kualitas udara,” ujar Polli seperti dikutip dari laman hyperallergic.com.

Ia menambahkan, di Detroit dan Philadelphia, Particle Falls dipasang di dekat lampu pemberhentian. “Kita bisa melihat kadar polusi dari beragam bus, berapa banyak partikel yang dihasilkan kendaraan dengan mesin diesel, dan mesin yang menyala namun tidak bergerak,” katanya.

Konteks pencemaran udara berbeda dengan yang terjadi di Pittsburgh dan Logan. Polli mencatat tingginya pencemaran di dua kota tersebut karena efek inversi dari udara dingin di Utah dan kehadiran industri di diwilayah pemukiman di Pittsburgh.

Air terjun digital buatan Polli dipamerkan di kota Utah sampai bulan April. Melalui karyanya tersebut, Polli bermaksud memberi sebuah antithesis pada orang-orang yang melihat “Particle Falls”. Karyanya adalah bentuk keindahan yang sekaligus menunjukkan rendahnya kualitas udara yang mereka hirup sehari-hari.

Sumber: http://www.greeners.co/ide-inovasi/air-terjun-digital-pengukur-polusi-udara/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook