Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN Usulkan aturan Konsesi PLTA


Jakarta - TAMBANG. Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji mengusulkan agar pemerintah membuat aturan konsesi bagi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Melalui aturan tersebut, proyek PLTA akan terlebih dahulu melalui proses lelang di mana PLN siap menjadi penyelenggaranya. 

"Saat ini, terdapat 96 lokasi PLTA di Indonesia dengan kapasitas total sebesar 12.800 megawatt (MW). 60 persen kapasitas itu ingin dikembangkan PLN, sedangkan 40 persen lagi kita ingin tawarkan ke IPP (Independent Power Producer)," ucap Pamudji di acara Diskusi Interaktif Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) di gedung pusat PLN Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Berbeda dengan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), pengaturan konsesi PLTA diakui Pamudji sama sekali belum dilaksanakan. Padahal menurutnya, PLTA sudah berkontribusi 6 persen dari sekitar 11 persen kontribusi EBT bagi produk listrik nasional.

"Untuk geothermal dan air, bentuk 11 persen dari produk listrik nasional, 6 persen PLTA, sisanya PLTP. EBT yang lain cenderung kecil," jelasnya.

Menurut Pamudji, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka telah muncul banyak pengusaha yang memiliki kemampuan finansial. Karena itu, perlu adanya aturan yang bisa menjebatani antara calon investor dan wilayah konsesi. 

"Jadi semacam lelang, lalu siapa yang terpilih akan jadi pengembangnya, kalau pemerintah tidak mau, PLN pun mau kalau disuruh yang jadi pelelangnya," katanya.

http://www.majalahtambang.com 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook