Alpen Steel | Renewable Energy

~ Mengubah Air Limbah Menjadi Energi Listrik

Tim peneliti dari Pennsylvania State University telah mengumumkan teknologi yang dapat memproses air limbah menjadi energi listrik. Peneliti menggabungkan teknologi yang disebut dengan sel bahan bakar mikroba (MCSs).

Perangkat purwarupa yang dibuat peneliti ini menggunakan kombinasi teknologi MCSs yang diadopsi untuk menghasilkan energi listrik melalui air limbah, termasuk sampah rumah tangga.

Prinsip kerja teknologi MCSs ini yakni menggunakan bahan baku organik dalam larutan tertentu sehingga menciptakan arus listrik. Teknologi MCSs ini dapat juga menggunakan ammonium bicarbonate (senyawa substitusi dari air laut) sehingga sistem dapat berjalan di komunitas yang jauh dari pesisir.

"Jika kita mendayagunakan air limbah dalam sel bahan bakar mikroba, kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak energi dan menanti waktu yang lama untuk menciptakan arus listrik" ujar profesor Bruce Logan kepada BBC News, Jumat (2/3/2012) .

Profesor Logan menjelaskan bahwa, peneliti menciptakan bagian MFC (perangkat) yang mengolah air limbah dan menciptakan energi, dan kami memiliki tumpukan RED (alat) untuk meningkatkan proses tersebut sehingga membuatnya menjadi lebih efisien.

"Aplikasi utama saat ini adalah mengelola air limbah dan juga mendapatkan beberapa energi ekstra dari air limbah yang panas" terangnya. okezone.com
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook