Alpen Steel | Renewable Energy

~ Rencana Provinsi Papua Akan Bangun PLTA Di Provinsi Papua, Wilayah Sungai Urumuka, Kabupaten Paniai

Papua Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk Pasok Freeport

 

Jayapura - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) akan dibangun Pemerintah Provinsi Papua di wilayah Sungai Urumuka, Kabupaten Paniai. Rencana pembangunan ini untuk memenuhi pasokan listrik di lima kabupaten pemekaran yang ada di Papua.

Selain itu, juga bisa memenuhi pasokan listrik bagi PT Freeport Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Mimika, Timika, Papua. "Rencana pembangunan PLTA ini sedang dikaji pemerintah daerah Papua," kata Kepala Dinas Energi dan Pertambangan Provinsi Papua, Jannes Johan Karubaba dalam acara Seminar Perencanaan Energi Daerah Antara Pemerintah Provinsi Papua dan Universitas Cenderawasih, di kantor Gubernur Papua, Dok II Kota Jayapura, Rabu (20/1).

Jannes menjelaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan penjajakan soal rencana pembangunan PLTA di Urumuka itu. Sebab, PLTA ini diperkirakan dapat menghasilkan listrik sebesar 300 megawatt. "Kita sedang kaji segi kelayakannya. Sebab jika PLTA ini dibangun, pasarnya cukup jelas, yakni bisa dibeli PT Freeport Indonesia, karena kapasitas listriknya besar," paparnya.

Menurut dia, PT Freeport saat ini sedang membutuhkan energi listrik sekitar 200 megawatt, guna mendukung operasional pertambangan mereka yang berada di Kabupaten Mimika, Timika.

"Jika nanti energi listrik ini dibeli Freeport Indonesia, maka akan dapat menghasilkan pajak asli daerah provinsi sekitar Rp 1 hingga Rp 2 triliun. Sementara megawatt sisanya, juga bisa dibagikan ke lima kabupaten pemekaran yang membutuhkan listrik," kata Jannes optimis.

Gubernur Papua Barnabas Suebu mengatakan, selain akan membangun PLTA di Urumuka, Pemerintah Provinsi Papua juga sedang menjajaki potensi pembangunan tenaga listrik hidro power di Mamberamo.

"Di daerah ini, diperkirakan dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 10 ribu Megawatt yang dapat menerangi sembilan kabupaten di sekitarnya," ungkapnya. Bahkan rencananya listrik ini juga akan dibeli Freeport Indonesia. "Jadi ini sangat baik untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kita," jelas Barnabas. 

Sumber :  TEMPO Interaktif

 

 

Provinsi Papua sampai saat ini memiliki 29 Kabupaten/Kota, terdiri dari 28 Kabupaten dan 1 Kota. Sembilan belas Kabupaten/Kota diantaranya merupakan Kabupaten/Kota baru hasil pemekaran daerah.

Berikut ini daftar Nama Kabupaten/Kota Provinsi Papua tersebut, yaitu :

Kabupaten Asmat (Agats),Kabupaten Biak Numfor (Biak), Kabupaten Boven Digoel (Tanah Merah),Kabupaten Deiyai,Kabupaten Dogiyai (Kigamani),Kabupaten Intan Jaya,Kabupaten Jayapura (Sentani),Kabupaten Jayawijaya (Wamena),Kabupaten Keerom (Waris),Kabupaten Kepulauan Yapen (Serui), Kabupaten Lanny Jaya (Tiom),Kabupaten Mamberamo Raya (Burmeso),Kabupaten Mamberamo Tengah (Kobakma),Kabupaten Mappi (Kepi),Kabupaten Merauke (Merauke),Kabupaten Mimika (Timika),Kabupaten Nabire (Nabire),Kabupaten Nduga (Kenyam),Kabupaten Paniai (Enarotali),Kabupaten Pegunungan Bintang (Oksibil),Kabupaten Puncak (Ilaga),Kabupaten Puncak Jaya (Kotamulia),Kabupaten Sarmi (Sarmi),Kabupaten Supiori (Sorendiweri),Kabupaten Tolikara (Karubaga),Kabupaten Waropen (Botawa),Kabupaten Yahukimo (Sumohai),Kabupaten Yalimo (Elelim),Kota Jayapura (Jayapura)


Daftar Kabupaten/ Kota Ibu Kota Provinsi Papua Barat:

Kabupaten Fakfak (Fakfak), kabupaten Kaimana (Kaimana), Kabupaten Manokwari (Manokwari),
Kabupaten Maybrat (Kumurkek), Kabupaten Raja Ampat (Waisai), Kabupaten Sorong  Sorong, Kabupaten Sorong Selatan (Teminabuan),Kabupaten Tambrauw (Fef), Kabupaten Teluk (Bintuni  Bintuni),Kabupaten Teluk Wondama (Rasiei), Kota Sorong.


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook