Alpen Steel | Renewable Energy

~ Hujan Lebat, Longsor, Listrik Zambia (ZESCO) Tak Beroperasi

Hujan Lebat, Pembangkit Listrik Zambia Ditutup

Kapanlagi.com - Pembangkit listrik terbesar di Zambia di sungai Kafue telah ditutup karena hujan lebat akhir pekan lalu merusak beberapa bagian peralatan, demikian laporan media setempat.

Rodney Sisala, Direktur Pelaksana Perusahan Pemasok Listrik Zambia (ZESCO) --operator pembangkit listrik itu, sebagaimana dikutip oleh kantor berita resmi Zambia mengatakan hujan lebat di daerah itu mengakibatkan tanah longsor yang membawa air, lumpur, batang pohon, batu dan benda lain ke pembangkit listrik tersebut melalui saluran darurat.

Sisala mengatakan sistem pembuangan pembangkit listrik itu tak dapat mengalihkan air dari tempat tersebut karena banyak dan beratnya benda-benda yang dibawa longsoran itu.

Ia menyatakan ZESCO telah mengontrak perusahaan Afrika Selatan, ESKOM, dan ZESA dari Zimbabwe untuk memasok negeri tersebut dengan 300 megawatt listrik dalam upaya memperkecil dampak penutupan itu.

Stasiun Pembangkit Kafue George menghasilkan sekitar 900 megawatt dari daya tampung negeri tersebut sebanyak 1.750 megawatt.

Itu merupakan tambahan bagi 525 megawatt listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tepi Utara Kariba dan Pembakgit Listrik Air Terjun Victoria --yang beroperasi dengan kapasitas maksimal mereka.

Sisala meyakinkan negara tersebut bahwa para insinyur negeri itu bekerja sepanjang waktu untuk memulihkan pembangkit listrik tersebut sesegera mungkin.

Sementara itu, ia juga telah menyeru masyarakat untuk menghemat listrik selama masa itu dengan mematikan saluran yang tak perlu, terutama selama beban puncak. (*/rit)

 

Sumber : Kapanlagi.com

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook