Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sembilan PLTA Di Sumatera Bagian Selatan Dan Tengah

KELISTRIKAN SUMBAGSEL
PLN Siapkan Hujan Buatan

 

Palembang, Kompas - PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu untuk pertama kalinya akan membuat hujan buatan di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga air guna mencegah penurunan kapasitas debit air sungai dan danau yang bisa mengganggu kinerja pembangkit. Program yang dilaksanakan mulai akhir musim hujan tahun 2010 ini juga merupakan salah satu strategi mengurangi skala pemadaman bergilir di masyarakat akibat defisit pasokan.

Demikian disampaikan General Manager PT PLN WS2JB Amir Rosidin saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (3/1). Dia mengatakan, selama ini PLN WS2JB selalu dihadapkan pada persoalan defisit pasokan listrik, baik karena faktor ketidakseimbangan pasokan daya dengan kebutuhan maupun faktor alam.

Kendala faktor alam ini selalu dirasakan saat kemarau. Alasannya, PLTA tak bisa berproduksi maksimal karena debit air sungai dan danau selalu berkurang. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah menggalakkan penghijauan di kawasan hulu sungai dan sekeliling danau.

”Kenyataannya, hal ini belum cukup. Oleh karena itu, mulai tahun ini, PLN akan menurunkan hujan buatan di sekitar lokasi PLTA. Pelaksanaan dimulai saat musim hujan berakhir dan diulang berkala selama kemarau,” katanya.

Berdasarkan data PLN WS2JB, ada sembilan PLTA di jaringan interkoneksi Sumatera bagian selatan dan tengah meliputi PLTA Maninjau (4 x 17 MW), PLTA Singkarak (4 x 43 MW), PLTA Batang Agam (3 x 3,5 MW) di Sumatera Barat, PLTA Koto Panjang (3 x 38 MW) dan PLTA Talang Lembu (2 x 16 MW) di Provinsi Riau, PLTA Musi (3 x 70 MW ) dan PLTA Tes (1 x 17 MW) di Provinsi Bengkulu, serta PLTA Way Besai (2 x 45 MW) dan PLTA Batu Tegi (2 x 14 MW) di Provinsi Lampung.

Menambah pasokan

Di sisi lain, Amir menambahkan, salah satu upaya mengurangi defisit pasokan adalah dengan membeli daya listrik berlebih dari sejumlah perusahaan swasta maupun badan usaha milik negara. Pada akhir tahun 2009, PLN WS2JB telah membeli daya listrik milik tiga perusahaan, yakni PT Pro Technology Power (Jambi), PT Mugi Triman Intercontinental (Jambi), dan PT Agricinal (Bengkulu).

”Pertengahan 2010, kami menambah jaringan pembelian daya dari Pertamina 8 MW. Strategi ini sangat membantu untuk mengurangi defisit dalam jangka pendek,” katanya. (ONI)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook