Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kalimantan Barat Beli Listrik Dari Serawak Energy Berhad, Perusahaan Listrik Di Serawak, Malaysia

Kalimantan Barat Kembali Beli Listrik dari Malaysia

 

Kubu Raya, Kompas - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan PT Perusahaan Listrik Negara Wilayah Kalbar menambah pembelian listrik dari Serawak Energy Berhad, perusahaan listrik di Serawak, Malaysia. Pembelian daya listrik sebesar 200 kilovolt ampere itu akan menambah 600 KVA listrik yang sebelumnya dibeli dari Malaysia.

Deputi Manajer Komunikasi dan Hukum PT PLN Wilayah Kalimantan Barat Adrianus Alep, Rabu (17/3) di Kubu Raya, mengatakan, jaringan distribusi di Indonesia yang melalui Entikong, Kabupaten Sanggau, sudah siap. ”Kami tinggal menunggu pembangunan jaringan dari Malaysia. Setelah siap, listrik bisa segera dialirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di perbatasan,” kata Adrianus.

Listrik itu dibeli sebesar 30 sen ringgit Malaysia (Rp 820) per kWh. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga listrik produksi pembangkit tenaga diesel di Kalbar. Biaya produksi listrik tenaga diesel itu sebesar Rp 2.298,13 per kWh.

Padahal, energi listrik harus dijual kepada konsumen maksimal Rp 642,24 per kWh. Sejak 15 Maret 2009, energi listrik asal Malaysia dialirkan ke sistem interkoneksi Kalbar.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kalimantan Barat Agus Aman Sudibyo mengatakan, pembelian energi listrik dari Malaysia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di perbatasan dan mengurangi defisit daya saat beban puncak.

Proyek Asahan

Komisi VII DPR meminta Proyek Asahan, yang akan berakhir perjanjian kerja samanya dengan Jepang tahun 2013, agar dikelola Pemerintah Indonesia. Proyek Asahan yang dibangun sejak akhir 1970-an itu terdiri atas pabrik peleburan alumunium PT Indonesia Asahan Alumunium dan dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan total kapasitas terpasang 617,2 megawatt.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon, Rabu di Medan, Sumatera Utara, mengatakan, aliran listrik Proyek Asahan, yang memiliki PLTA dengan kapasitas terbesar se-Indonesia itu, tidak pernah dinikmati oleh masyarakat Sumut. (AHA/BIL)

 

Sumber : Kompas


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook