Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penurunan Debit Air Saguling

Debit Air Waduk Saguling Menyusut


Air Waduk Saguling yang menyusut.

Musim kemarau yang berkepanjangan telah mengakibatkan menurunnya debit air di sejumlah waduk di beberapa daerah di Tanah Air. Di Waduk Saguling, Bandung, Jawa Barat, misalnya. Debit air di bendungan yang menyangga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling ini terus menurun. Kondisi yang telah berlangsung dalam dua bulan terakhir itu dikhawatirkan akan mempengaruhi operasional mesin pembangkit. Demikian pemantauan SCTV, baru-baru ini.


Menurut General Manajer Unit Bisnis Pembangkitan PLTA Saguling Anton Katili, saat ini pasokan air ke Waduk Saguling hanya delapan meter kubik per detik. Padahal, pada musim hujan pasokan mencapai 200 meter kubik per detik. Selain itu, ketinggian permukaan air saat ini juga terus menurun yakni mencapai 626,6 meter dari sebelumnya 643 meter. Padahal, batas minimal permukaan air 623 meter.

Kendati begitu, Anton menegaskan, kondisi ini tak mengganggu pasokan listrik terhadap konsumen di Pulau Jawa dan Bali. Saat ini, PLTA Saguling masih mampu memasok listrik kedua pulau tersebut dengan kapasitas sebesar 700 megawatt.

Penurunan debit air ini juga dialami Waduk Sermo di Kulonprogo, Yogyakarta. Penurunan debit air yang terjadi sejak dua bulan terakhir ini 2-4 meter. Biasanya, ketinggian air di waduk ini sekitar 7-10 meter
[baca: ].(ORS/Patria Hidayat)
Liputan6.Bandung:
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook