Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTA Gajah Mungkur Sementara Belum Beroperasi

PLTA Gajah Mungkur Tidak Dioperasikan Sementara

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, tidak dioperasikan untuk sementara waktu karena debit air waduk itu menurun tajam.

Manager Divisi Air dan Sumber Air Perusahaan Umum Jasa Tirta I, Suwartono di Solo, Rabu, mengatakan bendungan serbaguna Waduk Gajah Mungkur Wonogiri saat ini hanya menyimpan 90 juta meter kubik air dari kapasitas 400 juta meter kubik.

Jumlah debit air yang ada saat ini, kata dia, hanya dapat melimpaskan air dengan debit enam meter kubik setiap detik, "Dalam kondisi normal, waduk tersebut dapat melimpaskan air sebesar 18 meter kubik per detik," katanya.

Berkurangnya limpasan air tersebut bukan sepenuhnya akibat musim kemarau. "Kami memang sengaja mengurangi limpasan air karena sedang memperbaiki tanggul di bagian hilir atau Bendungan Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo," kata dia.

Selain itu, kata dia, saat ini pihaknya juga melakukan pengerukan tumpukan sedimentasi di sekitar "spill way" Waduk Gajah Mungkur, "Penghentian operasional PLTA Gajah Mungkur bukan karena efek musim kemarau seperti yang diberitakan oleh beberapa media," katanya.

Selain tidak dapat memutar turbin PLTA Gajah Mungkur, kata dia, untuk sementara saluran irigasi di Wonogiri dan Sukoharjo juga tidak dapat diairi.

"Hal tersebut sudah disosialisasikan satu bulan sejak beberapa bulan lalu. Kami menargetkan proyek tersebut selesai sebelum musim hujan atau November 2009," kata Suwartono.

Sementara itu, Manajer Humas PLN Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta Suharmanto mengatakan terhentinya produksi listrik di PLTA Gajah Mungkur tidak banyak mempengaruhi pasokan listrik di Surakarta.

Hal tersebut, kata dia, karena kontribusi listrik dari PLTA Wonogiri tergolong kecil, hanya enam megawatt, "Listrik sebesar itu hanya mampu mencukupi kebutuhan satu kecamatan," kata

Oleh : Aditya Pradana Putra

Solo, 14/10 (ANTARA)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook