Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemda Belum Meminta Teknologi Hujan Buatan

Teknologi Hujan Buatan Kurang Dilirik Pemda

Untuk mengantisipasi kekeringan pada lahan pertanian dan krisis air bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pusat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) BPPT siap memberi bantuan kepada daerah-daerah yang menginginkan hujan buatan.

"Kami ingin bantu karena kami punya teknologinya, tetapi pemda-pemda belum memintanya," kata Kepala Pusat TMC BPPT, Samsul Bahri di sela Seminar "Peranan TMC dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan dan Energi di Indonesia" di Jakarta, Kamis (28/8). Menurut dia, baru PLN Sumatera bagian selatan yang sudah meminta hujan buatan untuk mengisi dua waduk yang hampir krisis air untuk keperluan PLTA serta permintaan dari Badan Penanggulangan Cuaca di Riau untuk pemadaman kebakaran hutan.

Ia mengatakan sejak 1978 hingga kini Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan sudah berpengalaman mendukung program ketahanan pangan dan energi dengan mengisi waduk-waduk strategis yang merupakan sumber air untuk irigasi dan PLTA.
Pada 2007, ujarnya, pihaknya turut menunjang program peningkatan produksi beras nasional dua juta ton melalui pelaksanaan TMC di empat provinsi secara simultan. Yakni waduk Sutami dan Sengguruh di Jatim, Kedungombo, Wonogiri, Wadaslintang dan Sempor di Jateng, Saguling, Cirata dan Jatiluhur di Jabar, serta Batugegi di Lampung.

"Berdasarkan evaluasi hasilnya mencapai target dengan pengadaan air dalam volume yang besar dan biaya yang relatif murah," katanya. Hanya saja keberhasilan operasi hujan buatan sangat ditentukan oleh waktu yang tepat yakni menjelang musim hujan atau sebelum memasuki kemarau serta perlunya mengetahui karakteristik fisik dari daerah aliran sungai yang menjadi target.


WAH
Sumber : Antara
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook