Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTA Lau Renun Masih Terbengkalai

PLTA di Dairi Terbengkalai

Pembangkit listrik tenaga air Lau Renun yang berlokasi di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, seharusnya sudah menghasilkan listrik 2002 lalu. Namun, hingga pertengahan 2003 ini, jangankan listrik, pekerjaan konstruksi di lapangan juga sudah berhenti.

"Alhasil, sedikitnya sembilan bendungan yang dibangun di Lau (sungai) Renun kini terbengkalai," kata Ketua Komisi III DPRD Sumut Hitler Siahaan yang ditemui di kantor PLN Pusat, Kebayoran, Jakarta, Selasa (22/7).

Siahaan disertai sejumlah anggota Komisi III lainnya hendak menemui Ir Ali Herman Ibrahim, Direktur Teknik dan Energi Dasar PLN Pusat.

"Kita mau mendesak PLN segera menyelesaikan PLTA Lau Renun karena kebutuhan listrik di Sumatera Utara terus saja meningkat," kata Siahaan.

PLTA Lau Renun adalah proyek PLN. Direncanakan, hampir bersamaan dengan rencana pembangunan PLTA Asahan yang berlokasi di Sigura-gura, Tapanuli Utara.

PLTA Lau Renun mulai dirintis tahun 1983 dan rencananya rampung dan beroperasi 2002, dengan produksi listrik sebesar 180 mega Watt. Memang jauh lebih kecil dibanding PLTA Asahan yang menghasilkan listrik sebesar 450 MW.

"Tetapi, PLTA Lau Renun adalah satu dari tiga PLTA yang akan dibangun di Sumatera Utara yang menghasilkan listrik murah," kata Siahaan.

Dua PLTA juga sudah mulai dirintis, satu di Sipahutar dan satu lagi di Tapanuli Tengah. Seperti juga PLTA Lau Renun, nasib dua PLTA proyek PLN itu kini tidak jelas.

Siahaan tidak merinci, namun menurut dia penyelesaian PLTA Renun sangat mendesak karena kebutuhan listrik di Sumatera Utara terus saja meningkat. Pernah diproyeksikan, PLTA Asahan akan mampu membuat Sumatera Utara terang-benderang dengan menyalurkan sebagian produksi listriknya.

"Itu sering diucapkan orang-orang Jepang sebelum pembangunan PLTA Asahan dimulai," kata Siahaan. Ternyata setelah rampung dan beroperasi, seluruh produksi listriknya disedot pabrik aluminium ingot yang berlokasi di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

"Karena itu, PLTA Asahan tidak bisa diharapkan," kata Siahaan lagi. (LOM)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook