Alpen Steel | Renewable Energy

~ Dua Belas Pembangkit Listrik Tidak Beroperasi

 12 Pembangkit di Sumatera Terganggu

Sepuluh pembangkit listrik di Sumatera tidak beroperasi optimal karena mengalami perawatan rutin dan gangguan. Dua pembangkit listrik lain bahkan tidak beroperasi karena gangguan musim. Akibat defisit pasokan listrik sebesar 340 megawatt, PLN menerapkan pemadaman bergilir hingga 6 Desember 2008.

Berdasarkan data PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (WS2JB), Rabu (3/12), 10 pembangkit terganggu adalah PLTA Singkarak, PLTA Ombilin, PLTD dan Stasiun Transmisi Indralaya, PLTG Plimo, PLTG Batanghari, PLTGU Borang, PLTA Way Besai, PLTD Sjaro, PLTU Bukit Asam, dan PLTA Kuto Panjang. Pembangkit yang sama sekali tidak beroperasi adalah PLTA Maninjau dan PLTA Batutegi.
Menurut Manajer Komunikasi dan Hukum PLN WS2JB Harris Effendi di Palembang, ada tiga jenis gangguan pembangkit di Sumatera, yakni terjadwal karena pemeliharaan rutin, tidak terencana karena kerusakan mendadak pada pembangkit, dan gangguan musim akibat kemarau pada PLTA.

Pembangkit yang mengalami gangguan terjadwal karena perawatan adalah PLTGU Borang, PLTA Way Besai, PLTD Sjaro, dan PLTU Bukit Asam. Dua pembangkit yang terganggu akibat variasi musim meliputi PLTA Batutegi dan PLTA Maninjau akibat persoalan elevasi air.

Ada enam pembangkit lain mengalami gangguan tidak terencana, yakni PLTA Singkarak di sistem stator phasa, PLTA Ombilin di bagian rotor generator, PLTD dan Stasiun Transmisi Indralaya di bagian putaran turbin, PLTG Plimo di bagian vibrasi turbin, PLTG Batanghari di bagian turbin, serta PLTA Kuto Panjang.

Manajer PT PLN Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Sumatera Unit Pelayanan Teknis Tanjungkarang Sugiono mengatakan, pasokan listrik untuk wilayah Lampung dipastikan defisit 60-70 MW sampai akhir Desember 2008. Karena itu, warga akan mengalami pemadaman bergilir.

Menurut Sugiono, dua PLTA di Lampung, PLTA Way Besai dan PLTA Batutegi, tidak beroperasi.

Pemeliharaan secara bersamaan sejumlah pembangkit menyebabkan defisit daya pada interkoneksi Sumbagsel-Sumbagteng sebesar 200 MW sehingga dilakukan pemerataan pemadaman.

Lampung mengalami defisit daya 40 MW pada Rabu malam. Sisa pemadaman dilakukan merata untuk seluruh provinsi di wilayah interkoneksi Sumbagsel-Sumbagteng.

 

Asosiasi Industri Olefin,
 


  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook