Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTA Babakan Kini Berhenti Beroperasi

PLTA Babakan Berhenti Beroperasi

Tebing setinggi ratusan meter Selasa kemarin, longsor menimpa saluran air Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Babakan Sumedang, Jawa Barat. Akibatnya pasokan listrik untuk wilayah Sumedang, Garut dan Majalengka menjadi terhenti.

Longsoran tanah masih terus berguguran di Desa Eretan, Kelurahan Parakan Saat, Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. Material tanah dan pepohonan yang tumbang, masih belum bisa dibersihkan karena tanah yang masih labil. Polisi yang tiba di lokasi segera menutup kawasan bencana ini karena dikhawatirkan akan terjadi longsoran susulan yang membahayakan.

Selain menutup badan jalan, sekitar 10 ribu meter kubik longsoran tanah juga menutup saluran air di pintu air PLTA Parakan Kondang. Akibatnya pembangkit listrik berkapasitas 10 megawatt yang menyuplai energi listrik ke wilayah Sumedang, Garut dan Majalengka berhenti beroperasi karena kehabisan pasokan air.

Pihak proyek Bendungan Jatigede mengaku belum bisa memastikan apakah longsoran ini terjadi karena tanah yang labil akibat pembangunan bendungan atau karena curah hujan yang tinggi.

Sementara itu Manager Teknik Unit Pelayanan Bisnis PLTA Saguling, Bambang Wibowo mengaku, tidak tertutup kemungkinan longsoran tanah terjadi akibat pembangunan bendungan Jatigede. Karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pengembang proyek Bendungan Jatigede untuk segera memperbaikinya dan diusahakan dalam tiga hari kedepan PLTA bisa beroperasi kembali. Namun untuk mencegah pemadaman bergilir akibat tidak beroperasinya PLTA Parakan Kondang, pihal PLN akan menggunakan suplai listrik dari PLTA Saguling dan sejumlah pembangkit listrik yang ada didaerah Jawa Barat.

by dudung durahman

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook