Alpen Steel | Renewable Energy

~ Proyek PLTA JInsha Dibangun China

China Memulai Pembangunan Proyek PLTA Jinsha yang Kontroversial

China, pekan ini, memulai pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama dari empat proyek yang direncanakan pada sungai-sungai penting dan strategis, yang mengundang kontroversi akibat dampak lingkungan yang kemungkinan bisa ditimbulkannya.

Stasiun PLTA Xiluodu di Sungai Jinsha, yang merupakan salah satu dari anak sungai Yangtze antara barat daya Provinsi Sichuan dan Yunnan, akan terpasang kapasitas 12,6 juta kilowatt, tulis China Daily, seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (29/12). PLTA Xiluodu bernilai enam miliar dolar AS direncanakan akan beroperasi tahun 2015.

Proyek Sungai Jinsha, termasuk pembangunan tiga PLTA lainnya yaitu Xiangjiaba, Wudongde dan Baihetan, jika digabungkan akan mampu memiliki kapasitas 38,5 juta kilowatt. Energi yang dihasilkan empat proyek ini dua kali lebih besar dari proyek Tigs Ngarai (Three Gorges) di Sungai Yangtza, yang akan mencatatkan diri sebagai dam terbesar di dunia.

Proyek Jinsha dengan empat PLTA ini bernilai 24 miliar dolar AS, merupakan bagian dari ambisi China untuk memenuhi kebutuhan listrik barat-timur, yang akan mentransfer sumber daya air yang sangat kaya di barat daya ke provinsi-provinsi sebelah timur.

Sungai Jinsha rencananya akan dibendung pada tahun 2007, untuk tujuan proyek energi ini, tulis China Daily. Sementara itu pada pegiat lingkungan berpendapat bahwa bendungan Jinsha akan menimbulkan banyak kerusakan bagi lingkungan lokal, yang menyerang tumbuhan dan binatang serta akan menyebabkan hancurnya pertahanan banjir yang segera merusak tanah yang subur di sekitarnya.

Setahun lalu pembangun proyek ini mencoba untuk menentang sebuah permintaan dari State Environmental Protection Agency (SEPA) untuk menghentikan pembangunan bendungan ini.

Buana Katulistiwa

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook