Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTA Lebih Murah Dari Tenaga Surya

PLTA Karangkates

karangkates1

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), adalah pembangkit yang memanfaatkan aliran air sebagai sumber penghasil listrik. Alat utamanya adalah turbin, dengan turbin ini bisa menggerakan generator tersebut maka dapat dihasilkan arus listrik . Pembangkit ini lebih effisien dari pada pembangkit listrik tenaga surya didalam menghasilkan listriknya, dan juga dari segi biaya PLTA ini jauh lebih murah dari pada memakai tenaga Surya. Pembangkit listrik yang ada dipasaran memiliki kapasitas watt per jam 200, 300, 500, 700, dan 1000Watt. PLTA ini tidak sembarang dapat digunakan karena medan yang akan dipasang harus memiliki aliran air yang tinggi dan stabil biasanya digunakan dialiran bendungan / sungai. Untuk menggerakan turbin agar bisa berputar saja harus memiliki debit air 0.004 s/d 0.01 meter kubik per detik dan ketinggian air 10 s/d 22 meter dari permukaan turbin. Pembangkit ini bisa digunakan untuk skala kecil, menengah dan besar, tergantung kebutuhan.

Daerah yang cocok digunakan pembangkit ini adalah daerah aliran sungai dan bendungan. Bayangkan bila tiap rumah, kantor, tempat ibadah, tempat umum di seluruh pulau jawa beberapa peralatan lampu penerangan dan beberapa peralatan elektroniknya diganti / dikombinasi dengan sistem PLTA, maka penghematan dalam listrik PLN akan terwujud secara nyata. Kalo ragu coba dihitung saja sendiri hehehehehe…., Bayangkan berapa besar penghematan dalam 1 malam saja!.

Karena itu langkah membangun PLTA di Malang tepatnya di daerah Karangkates itu adalah langkah yang tepat. Karena itu bisa mengurangi beban PLTU, dan juga bisa menghemat  pemakaian tambang batu bara.

Kota Industri

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook