Alpen Steel | Renewable Energy

~ Dua PLTA DI Humbahas Sudah Beroperasi

2 PLTA di Humbahas Telah Beroperasi, 1 Lagi Sedang Dikerjakan Swasta
Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan studi banding di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk melihat dan mengetahui pemanfaatan sungai-sungai yang ada di “Bona Pasogit” untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) serta pengembangan pariwisata, Selasa (27/11).

Tim DPRD Bulungan yang melaksanakan studi banding adalah Drs Menoch Merang, H Baharuddin Syamsul Komar BE, Agung Wahyudianto AMd, Yan Ngau SPd serta staf Sekwan dan Humas DPRD Kabupaten Bulungan. Tim DPRD Kabupaten Bulungan saat pertemuan di Balai Pertemuan Kantor Bupati Humbahas diterima Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Ketua DPRD Bangun Silaban SE, anggota DPRD Aslin Simamora serta sejumlah Kadis, Kaban, Kakan dan Kabag.

Ketua Tim DPRD Kabupaten Bulungan Drs Menoch Merang mengatakan tim mengunjungi Kabupaten Humbahas untuk mengetahui potensi sumberdaya alam yang tersedia seperti sungai-sungai besar yang telah dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tenaga air dan juga untuk mengetahui pengembangan kepariwisataan di Humbang Hasundutan sebagai kabupaten baru. “Jadi tujuan kita untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana pemanfaatan potensi sungai-sungai yang ada di kabupaten ini menjadi pembangkit listrik tenaga air, sehingga dengan kunjungan kerja ke Humbahas ini maka kita berharap ada manfaatnya dalam pengelolaan potensi sungai-sungai yang ada di Kabupaten Bulungan,” ujar Menoch Merang.

Maddin Sihombing dalam paparannya mengatakan bahwa Kabupaten Humbahas memiliki sekira 23 air terjun yang tersebar di 10 kecamatan dan beberapa di antaranya telah dimanfaatkan untuk PLTA.
Menurut Maddin saat ini telah beroperasi 2 unit pembangkit listrik tenaga air seperti di PLTA Aek Silang di Kecamatan Pollung dan PLTA Aek Sibundong di Sijamapolang dan saat ini PLTA Aek Simonggo di Parlilitan sedang dikerjakan pihak swasta.

Bupati Humbahas, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE didampingi pejabat dari Pemkab Humbahas memberikan cenderamata berupa “ulos” kepada Tim DPRD Kabupaten Bulungan sebagai ungkapan kekeluargaan dan persaudaraan serta plakat Kabupaten Humbahas. Sebaliknya Tim DPRD Bulungan juga menyerahkan cenderamata berupa Plakat Kabupaten Bulungan dan pedang khas Kabupaten Bulungan.
Seusai ekspos, Bupati Humbang Hasundutan bersama tim DPRD Kabupaten Bulungan meninjau PLTA Aek Silang di Kecamatan Pollung dan melihat keadaan pariwisata di Kecamatan Baktiraja.

Sumber : (T10/q) Harian SIB, Doloksanggul

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook