Alpen Steel | Renewable Energy

~Pengisi Daya Perangkat Elektronik Tenaga Air

Pengisi Daya Perangkat Elektronik Tenaga Air

Ibu kota telepon pintar dunia telah menemukan cara yang inovatif dan ramah lingkungan untuk mengisi ulang daya perangkat Samsung dan perangkat mobile lainnya. Seoul, ibu kota Korea Selatan, telah merencanakan untuk memasang lima stasiun pengisi daya perangkat elektronik yang tenaganya berasal dari tiga turbin hidroelektrik mini yang tertanam dalam sungai Cheonggyecheon. Air dari sungai buatan ini mengalir melintasi pusat kota.

Sebuah perusahaan startup yang berbasis di Seoul, Enomad menyatakan bahwa stasiun tersebut mampu mengisi daya sebuah telepon pintar dalam waktu 2 hingga 3 jam, dan sebuah tablet dalam 3 hingga 4 jam, dari generator turbin yang menghasilkan 15 sampai 20 watt daya listrik.

Jika dalam tiga bulan pilot proyek ini berhasil, stasiun pengisi daya tersebut dapat diperluas sepanjang 10,8 kilometer (sekitar 6,7 mil) jalur air, yang mana proyek ini merupakan bagian dari proyek energi terbarukan kota senilai 900 juta dollar yang terbuka untuk umum pada tahun 2005.

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan kabel paling banyak di dunia. Lebih dari 70 persen dari 50 juta penduduk negara ini memiliki telepon pintar, dan merupakan negara dengan penetrasi telepon pintar tertinggi di dunia.

Telepon pintar sangat populer sehingga pemerintah negara ini memulai kampanye untuk memerangi kecanduan terhadap telepon pintar. Korea Selatan juga membanggakan diri dengan kecepatanbandwidth tercepat di dunia dengan rencana untuk meng-up-grade jaringan internet seluruh negeri ke teknologi internet 5G. Negara tersebut akan menguji coba layanan 5G pada Olimpiade Musim Dingin yang akan diselenggarakan di PyeongChang.

“Fasilitas generasi hydropower (tenaga air) skala kecil akan meminimalisir efek negatif pada lingkungan saat alat ini menghasilkan listrik tanpa bendungan atau waduk. Alat ini hanya memerlukan turbin yang ringkas,” kata seorang pejabat kota seperti dilansir dari inhabitat.com.

Sebagai informasi tambahan mengenai stasiun pengisi daya bertenaga air, kota ini juga berencana untuk menyediakan penduduknya dengan stan pengisi daya tenaga matahari disekitar Gwanghwamun di pusat Seoul.

Sumber: http://www.greeners.co/ide-inovasi/pengisi-daya-perangkat-elektronik-tenaga-air/

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook