Alpen Steel | Renewable Energy

~ Honda Bikin Pembangkit Listrik Mikrohidro


img


Honda Bangun Pembangkit Listrik Sukabumi - Tidak bisa dipungkiri kalau selain berjualan, tiap pabrikan motor juga memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu masyarakat dan hal itu pula yang disadari benar oleh Honda ketika membuatkan pembangkit listrik tenaga air untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar.

Dengan pembangkit listrik tenaga air skala kecil ini, masyarakat yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat kini dapat menikmati listrik dengan lebih baik.

Pembangkit listrik yang memiliki nama Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 6400 watt tersebut mampu menerangi kira-kira dapat menerangi 63 rumah.

General Affair Division Head PT Astra Honda Motor (AHM) I Putu Astawa U menjelaskan kalau program bantuan ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab mereka untuk memanjukan masyarakat yang letaknya terpencil itu.

"Ini adalah program yang akan kami jalankan. Untuk saat ini, pembangunan pembangkit listrik di Ciptagelar akan terus kami lakukan. Tahun ini kami akan lakukan lagi di wilayah lain seperti Bima atau Wonosobo yang saat ini tidak mendapai suplai listrik dari PLN," tandasnya sesaat setelah peresmian dilakukan, Sabtu (25/2/2012).

Pembangunan PLTMH ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai Cibarengkok. Untuk PLTMH ini AHM membangun saluran air 420 meter dan pipa pesat sepanjang 87 meter yang bermuara pada sebuah rumah turbin. Di lokasi ini, ditempatkan sebuah generator yang nantinya akan menghasilkan listrik dan akan disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

Di sisi lain pembangunan PLTMH ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian tentang perlunya pemeliharaan hutan sebagai area tangkapan air, karena air merupakan sumber PLTMH yang selalu harus terjaga ketersediaan dan debitnya. Dengan demikian, diharapkan secara kolektif masyarakat akan menjaga kelestarian hutan.

"Sebelum adanya pembangkit listrik dari Honda ini, kami sudah punya pembangkit listrik sendiri, bukan dari PLN, tapi kapasitasnya tidak cukup yang sering bikin mati lampu, dengan turbin baru ini, diharapkan mati lampu tidak terjadi lagi," ujar warga Kesepuhan Ciptagelar, Yoyoyogasmana.

Kepala Kesepuhan Ciptagelar Abah Ugi Sugriana Rakasiwi mengatakan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat. "Karena dengan pembangkit ini Kesepuhan dapat lebih menikmati listrik," katanya.

Hal senada juga disuarakan oleh Kepala Desa Sirnaresmi yang menaungi Kesepuhan Ciptagelar Ujang Suhendi. "Dengan pembangkit ini, semoga masyarakat dapat mengikuti perkembangan dan meningkatkan ekonominya," pungkasnya.
 (http://us.oto.detik.com)
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook