Alpen Steel | Renewable Energy

~PLN Kembangkan 6 Desa Mandiri Energi

PLN DJBB Keluarkan Rp 505 Juta Kembangkan 6 Desa Mandiri Energi

Sebagai bentuk program tanggung jawab sosial masyarakat, tahun ini PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB) merogoh anggaran Rp 505 juta untuk mengembangkan enam desa mandiri energi (DME) di Jabar dan Banten. Total sejak 2008 PLN DJBB sudah membangun 22 DME.

DME merupakan program pemberdayaan potensi lokal untuk pemenuhan kebutuhan listrik dan energi di masing-masing wilayah terkait secara mandiri. Sumber energi yang dapat diperbaharui, seperti air sungai dan infet ternak. "Kami mencari daerah yang secara tekno-ekonomi sulit terjangkau oleh PLN, tapi memiliki potensi energi untuk dikembangkan," ujar Deputi Manager Komunikasi PLN DJBB, Adang Djarkasih, di Kantor PLB DJBB, Jln. Asia Afrika, Bandung, Kamis (1/12).

Salah satu DME yang baru diresmikan November lalu adalah DME di Kampung Buligir, Desa Parentas, Tasikmalaya. DME ini memanfaatkan sumber air Sungai Ciparay untuk membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dengan kapasitas daya 3 Kilo Watt. "PLTH ini dimanfaatkan oleh 30 kepala keluarga, sekitar 110 penduduk," ujarnya.

Umumnya, masyarakat di Kampung Buligir bermata pencaharian sebagai petani padi, singkong, aren, dan sayur-mayur. Menurut Adang, dengan dibangunnya PLTMH tersebut diharapkan masyarakat Buligir lebih produktif dalam mengolah produk pertaniannya karena sekarang pengolahan dapat dilakukan malam hari.

 

Sumber : Pikiran Rakyat

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook