Alpen Steel | Renewable Energy

UM Malang Luncurkan Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) , Rabu (2/04/2008), diluncurkan di kompleks Kampus UM Malang. Menurut website resmi UM Malang, dalam acara ber tajuk  Soft Launching dan Tasyakuran itu, hadir Rektor UM Malang, Dr. Muhajir Efendy  bersama Tim dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dipimpin Ir. Hari Sukarno, M.Eng

PLTMH yang didanai dana  bantuan  Menteri ESDM sebesar Rp 3 Milyar ini, dibangun di kawasan Agrokompleks, kandang Fakultas Peternakan dan Perikanan, sebagai komitmen bersama  untuk pengembangan energi alternatif. Dalam waktu dekat daya yang dihasilkan PLTMH ini akan segera dikoneksikan dengan listrik kampus. Menurut penghitungan, pada siang hari penggunaan listrik dari PLN kampus akan berkurang hingga 40%, sedangkan pada malam hari justru energi dari PLTMH berlebih.

Dalam sambutannya, rektor mengatakan awalnya sempat ragu apakah proyek PLTMH ini bisa dilaksanakan. Namun berkat kerja keras tim dan bantuan dari Kementerian ESDM, akhirnya PLTMH UMM berhasil membangkitkan listrik kampus. Keberhasilan ini merupakan bukti bahwa UMM memegang amanat bantuan itu dengan teguh. Sebagai wujud rasa syukur itu, dalam acara tersebut dilangsungkan pemotongan tumpeng dan percobaan menyalakan generator. Rektor di damping wakil tim ESDM memutar tutup turbin pertanda dioperasikannya PLTMH.

Selain PLTMH, UM Malang  juga mengembangkan  sumber energi dari biogas dan solar cell.

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook