Alpen Steel | Renewable Energy

~ Barito Utara Lirik Listrik Mikrohidro

MUARA TEWEH, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2010 memprogramkan penelitian potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro sebagai energi alternatif.

Suriawan Prihandi menjelaskan, secara bertahap dalam waktu dekat dilakukan survei pemanfaatan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dengan memanfaatkan riam (air terjun) di pedalaman Sungai Lahei (anak Sungai Barito) di wilayah Desa Rahaden, Kecamatan Lahei. Riam bebatuan di desa tersebut, kata dia, arusnya sangat deras saat air sungai naik atau sedang sehingga dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik tenaga air berkapasitas sedang."Tahun ini kami mulai meneliti sejumlah kawasan yang airnya dapat dimanfaatkan untuk listrik bagi masyarakat di pedalaman yang belum tersentuh listrik," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Barito Utara Suriawan Prihandi di Muara Teweh, Selasa (8/6/2010).

"Fasilitas PLTMH yang merupakan energi listrik sederhana ini nanti akan menggunakan konstruksi terapung guna memudahkan transportasi sungai," katanya didampingi Kepala Bidang Energi Sarwo Mulyo. 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook