Alpen Steel | Renewable Energy

~ Menteri ESDM Resmikan PLTMH

Menteri Energi Resmikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro pada Rabu (11/7) ini akan meresmikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTM) di Tukad Janga, Lingkungan Juuk Manis, Paya, Karangasem, Bali.
Pembangkit berkekuatan 25 kilowatt sebelumnya telah melalui tahap uji coba. Turbinnya digerakkan air berkapasitas 30 meter kubik per detik dan berpotensi menghasilkan daya 30 KW.

Menurut Humas PLN Distribusi Bali, I Wayan Redika, PLTM dikelola masyarakat dengan bantuan perawatan dari PLN. ” Termasuk ketrampilan mengelola dan menjual listrik,” katanya, tadi malam.

Dia menjelaskan, Bali menyimpan potensi besar di bidang kelistrikan untuk skala kecil, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan tenaga angin. Sayangnya, kemanfaatannya belum maksimal. Selain PLTM, PLN Bali telah membangun pusat pembangkit berkapasitas kecil, seperti PLTA maupun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang ada di Nusa Penida, Klungkung. Instansinya tengah menjajaki pembangunan pembangkit listrik tenaga angin di wilayah Seraya, Karangasem.

TEMPO Interaktif, Bali: Rofiqi Hasan

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook