Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTM Cijedil Sejak 1928 Hingga Kini

PLTM Cijedil, Melistrikan Cianjur Sejak 1928

CIANJUR.Jika sedang perjalanan dari Cianjur ke Bogor melewati Puncak, sempatkan mampir menengok PLTM Cijedil. Lokasinya sekitar 9,5 km dari Cianjur. Pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran sungai di utara Cianjur ini dibangun tahun 1928 oleh Belanda.

Meski sudah puluhan tahun beroperasi, bangunan dan mesin masih terawat dengan baik. Bangunan bendungan air serta terowongan, kolam tando, pipa suplisi, empat generator buatan Siemens Schuckert masih kokoh. Bahkan bangunan rumah mesin (power house) yang rangkanya terbuat dari kayu masih asli.

''Semua masih asli. kayu rangka bangunan dan tembok belum pernah diganti. Untuk pipa suplisi hanya perawatan dan mengganti packing pada sambungan saja,'' ujar Erwan, teknisi yang bekerja pada PLTM Cijedil. Menurut dia hanya panel-panel yang sudah diganti dengan panel otomatis.

Berdasarkan panel asli yang masih terpampang, PLTM Cijedil dibangun untuk memasok kebutuhan listrik untuk pabrik teh yang ada disekitar kawasan itu, kota Cianjur dan Cipanas. Pada panel tertulis empat penyulang sesuai nama kawasan yang dipasok yaitu Sindanglaja, Gedeh, Tjiandjoer 1 dan Tjiandjoer 2.

''Namun kini listrik dari pembangkit ini masuk dalam penyulang Cipanas,'' papar Erwan. Menurut Erwan dari empat unit mesin dengan kapasitas masing 2 x 120 KV dan 2 x 220 KV saat ini memang sudah mengalami penurunan kemampuan. Meski demikian secara fisik ke empat mesin masih kokoh.

Unit pembangkit listrik tenaga air yang kini dikelola oleh PT PLN Jasa Produksi ini membuktikan kehandalan pasokan energi baru dan terbarukan. Selain itu, seperti diungkapkan Erwan, juga mengundang nostalgia warga Belanda yang nenek moyangnya pernah bertugas di pembangkit listrik Cijedil.

''Lima bulan lalu ada rombongan wisatawan Belanda datang kesini. Dian mengaku waktu kecilnya di sini karena ayahnya bekerja disini,'' ujar Erwan. Lelaki bangsa Belanda itu membawa foto-foto saat dia kecil di Cijedil. Selain itu juga terheran-heran sebuah pohon Petai yang ada samping rumah mesin masih berdiri tegak.(AR)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook