Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gagal Nikmati Listrik PLTMH

Penerangan
Proyek Pembangkit Listrik Gagal

 

JEMBER, KOMPAS - Keinginan masyarakat Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, untuk bisa menikmati listrik lewat pembangkit tenaga hidro mikro gagal. Hal ini gara-gara seorang warga setempat melaporkan Kepala Desa Mulyorejo Asiruddin kepada polisi.

Budi alias Ribut melapor kepada polisi tentang perusakan yang dilakukan oleh 26 orang saat kerja bakti pelebaran jalan umum. Akhirnya Polres Jember menetapkan Asiruddin sebagai tersangka dan proyek listrik terbengkalai.

Alasannya, akses jalan desa jadi terhambat karena proyek peningkatan jalan dari PNPM senilai Rp 350 juta batal dikucurkan. Saat mendengar Asiruddin menjadi tersangka, sekitar 100 warga Desa Mulyorejo mendatangi gedung DPRD Jember.

Mereka mengadu telah terjadi upaya konspirasi menggulingkan kepala desa. Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Komisi A DPRD Jember, Asiruddin, 10 perwakilan warga, Camat Silo Eko Heru Sunarso, dan Kepala Bagian Hukum Pemkab Jember Hari W di DPRD Jember, Rabu (2/6).

Dalam rapat tersebut Wakil Ketua Komisi A Evi Lestari berjanji akan mengawal kasus yang menimpa kepala desa tersebut. "Jika melihat langsung di lokasi, pohon yang dipangkas untuk pelebaran jalan hanya sebesar jari kelingking, tapi barang bukti yang dibawa ke Polres Jember besar sekali. Ini tidak sesuai fakta," kata Fais, perwakilan warga.

Camat Silo Eko Heru Sunarso juga menyayangkan jika rencana pembangunan pembangkit tenaga listrik hidro mikro batal. Alasannya, Desa Mulyorejo dengan penduduk berjumlah 4.400 jiwa dan berlokasi di sekitar hutan lindung sangat membutuhkan penerangan. Sudah lama pemerintah bernegosiasi dengan PT PLN, tetapi tidak pernah berhasil. Kendalanya jaringan tegangan menengah dan rendah harus menembus hutan dan kebun yang jaraknya jauh dari desa tetangga yang sudah menikmati listrik PLN.

Hanya sedikit warga yang sudah menggunakan listrik tenaga surya. "Baru-baru ini kami juga dapat bantuan listrik tenaga surya sebanyak tujuh unit dan sudah habis dibagikan kepada warga," kata Asiruddin.

Dinas Peridustrian dan Perdagangan Jember akan berupaya meminta bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk membangun pembangkit listrik tenaga hidro mikro sehingga seluruh desa bisa menikmati aliran listrik. (SIR)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook