Alpen Steel | Renewable Energy

~ Potensi PLTA Lebih Berpeluang

Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Air Lebih Menjanjikan

PADANG-Potensi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) lebih menjanjikan dan murah dibandingkan pembangkit lainnya. Selain hanya menggunakan air, pembangkit ini juga tidak menggunakan bahan bakar yang sehingga tidak berpotensi mencemarkan lingkungan.

"Potensi pembangkit tenaga air dimasa depan amat besar, lebih hemat karena nggak perlu beli bahan bakar, modalnya mungkin hanya oli, biaya operasi rata-rata kilowatt per jam pembangkit air juga paling rendah dibandingkan pembangkit lainnya,"kata Eddy M Isral Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Sumatera (P3B) PT. PLN (Persero).

Selain itu, menurutnya, PLTA lebih tahan lama dibandingkan pembangkit listrik lain.

"Masa pakainyabisa lebih lama, sampai 50 tahun, lihat saja PLTA Maninjau yang sudah 25 tahun, sampai sekarang kondisinya masih bagus, bahkan PLTA Batang Agam bulan lalu merayakan usianya yang 4 windu atau 32 tahun, kondisinya juga masih seperti dulu, mampu menghasilkan 10,5 MW," kata Eddi M Isral.

Ia mengatakan, untuk masa depan potensi air untuk pembangkit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kriss listrik. Menurutnya peluang pembangunan PLTA apalagi ditengah kesulitan bahan bakar minyak (BBM).

Namun, menurut Eddy permasalahan yang dihadapi adalah biaya pembangunan PLTA yang mahal serta kondisi air danau atau waduk yang gampang berkurang dan sangat terkait kondisi alam.

(yanti)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook