Alpen Steel | Renewable Energy

Balitbang Dephan Berhasil Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro



Balitbang Dephan Berhasil Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro
Tanggal: 03 Februari 2008
Categories: Iptek


Jakarta - DMC, Sebagai salah satu kebutuhan ketahanan nasional di bidang energi, Departemen Pertahanan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertahanan (Balitbang Dephan) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) 12 kw. PLTMh 12 kw tersebut merupakan salah satu sumber energi mandiri pada satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat di daerah terpencil.

Pembangunan PLTMh 12 kw ini, juga merupakan upaya Dephan dalam memperkuat sistem pertahanan melalui penguasaan energi sumber daya alam untuk satuan Tentara Nasional Indonesia yang berada di daerah. Dalam Pelaksanaan Pembangunan PLTMh tersebut, Balitbang Dephan bekerjasama dengan Enginering Centre Universitas Indonesia dan CV. Cihanjuang Inti Teknik.

PLTMh dibangun di Desa Karangsewu, Kecamatan Cisewu, Garut, Jawa Barat. PLTMh tersebut diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Letjen TNI Agustadi S. P, Sabtu (2/2) di Garut, Jawa Barat. Pada peresmian tersebut Kasad didampingi antara lain Kabalitbang Dephan Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, M.Sc, Ph.D,  Ses Ditjen Kuathan Dephan, Ses Balitbang Dephan, Aster Kasad, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang dan Wakil Bupati Garut Memo Hermawan.

Kasad Letjen TNI Agustadi S. P. dalam sambutannya mengatakan, pembangkit listrik yang memanfaatkan energi tenaga air sangat bermanfaat. Energi tenaga air merupakan sumber daya yang sangat potensial mengingat sumber air di Indonesia sangat banyak dan melimpah. Sehingga, PLTMh perlu terus dikembangkan dan dioptimalkan pemanfaatannya guna kepentingan masyarakat bangsa dan negara khususnya untuk masyarakat di daerah pedalaman.

Menurut Kasad, penyediaan energi listrik melalui PLTMh merupakan solusi alternatif dalam menjawab keterbatasan energi saat ini. “Dengan tergelarnya PLTMh ini, diharapkan dapat berperan dalam mengatasi keterbatasan supply daya listrik dari PLN serta mampu mendukung kebutuhan energi listrik masyarakat”, tambah Kasad.

Dikatakannya, meskipun energi listrik yang tersedia tidak terlalu besar tetapi hal ini merupakan sikap kepedulian TNI AD dan Dephan terhadap rakyat khususnya masyarakat yang belum tersentuh atau terjangkau energi listrik dari PLN.

Sementara itu Kabalitbang Dephan Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, M.Sc, Ph.D, mengatakan, pemberdayaan sumber daya listrik tenaga mikrohidro dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif kebutuhan militer dan sekaligus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Sebagai komponen pertahanan negara, lanjut Kabalitbang Dephan, TNI yang berada di daerah - daerah dan masyarakat sekitarnya sangat memerlukan listrik mandiri, baik dalam keadaaan damai maupun dalam keadaan darurat. “Energi listrik yang sudah terpasang diharapkan mampu meningkatkan aspek pertahanan dan kesejahteraan dengan slogan, kami hadir untuk menerangi nusantara”, tambahnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Garut Memo Hermawan mengatakan Pembangunan PLTMh akan memberikan andil yang sangat besar bagi masyarakat desa Karangsewu dalam rangka meningkatkan derajat hidup mayarakat. Penggunaan energi listrik akan menjadi pengungkit untuk mengerakan sektor-sektor pembangunan lainnya terutama pendidikan, kesehatan dan ekonomi. “Pada gilirannya akan mampu mendongkrak pembangunan sumber daya manusia sebagaimana ukuran angka indeks utama dalam menilai pembangunan suatu daerah”, tambahnya. (BDI/HDY)
  
 






Artikel dari Defence Media Centre
http://www.dmcindonesia.web.id

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook