Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTMH Di Karangsewu Diresmikan KSAD

KSAD Resmikan PLTMH di Desa Karangsewu

Pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) adalah sumber daya listrik alternatif dalam menjawab keterbatasan energi saat ini. Keberadaannya bisa bermanfaat bagi pembangunan sosial ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia, di tengah tingginya pertumbuhan penduduk dan tingkat konsumsi energi oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letnan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo saat meresmikan PLTMH di Desa Karangsewu, Kec. Cisewu, Garut selatan, Sabtu (2/2). "PLTMH ini juga bisa menjawab ketersedian energi yang memadai dan ramah lingkungan," katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, antara lain Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Suroyo Gino, Danrem Kol. Adang Sujana, Pejabat Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Garut Memo Hermawan, dan Dandim Letkol Inf. Urip Wahyudi.

Menurut Agustadi, energi listrik PLTMH dengan kapasitas 12 kWh dapat berperan dalam mengatasi keterbatasan suplai daya listrik dari PLN. Selain itu, PLTMH mampu mendukung kebutuhan energi listrik masyarakat secara terbatas, baik untuk penerangan maupun untuk kepentingan lainnya.

"Selanjutnya saya mengharapkan agar Plt. Bupati Garut, Memo Hermawan, bisa mengembangkan jaringan lebih luas lagi sehingga seluruh masyarakat di desa yang belum tersentuh listrik, bisa terpenuhi kebutuhan listriknya," ujarnya berharap.

Kendala sosial

Sementara itu, Plt. Bupati Garut Memo Hermawan mengatakan, hingga saat ini memang belum semua masyarakat Garut menikmati listrik. Selain karena kondisi geografis Kab. Garut, terutama di wilayah selatan, juga karena PT PLN mengalami kesulitan untuk melayani kebutuhan masyarakat secara optimal. Di samping itu, juga karena adanya kendala sosial ekonomis masyarakat, teknis, dan lingkung yang menyebabkan masih banyaknya daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik dari PLN.

Oleh karena itulah, katanya, Pemkab Garut berterima kasih kepada Departemen Pertahanan RI yang sudah peduli kepada Kab. Garut, dengan membangun PLTMH di Kec. Cisewu, Garut selatan. Dengan PLTMH ini, kebetuhan masyarakat akan listrik, terutama di enam desa Kec. Cisewu bisa terpenuhi.

"Kami juga tentu terus berusaha memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat, dengan melakukan terobosan seperti memanfaatkan potensi energi setempat, yakni dengan pemanfaatan tenaga air untuk pembangkti energi listrik," katanya.

Di tempat sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Dephan Prof. Drs. Liliek Hendrajaya mengatakan, sebagai komponen pertahanan, TNI yang berada di daerah terpencil dan masyarakat di sekitarnya sangat memerlukan energi listrik mandiri, baik dalam keadaan damai maupun darurat.

Untuk mendukung hal tersebut, katanya, pihaknya melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan pembuatan prototipe PLTMH di Garut selatan. "Pembangkit listrik ini dapat dimanfaatkan sebagai suatu kebutuhan untuk ketahanan nasional di bidang energi," ujarnya.

Garut selatan, katanya, dipilih karena berdasarkan penelitiannya wilayah di Jabar selatan masih banyak yang belum memanfaatkan listrik dari PLN. (A-112)***

Penulis:
Back

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook