Alpen Steel | Renewable Energy

~ Kincir Angin Nusa Penida Disiapkan PLN Bali

PLN Bali Mulai Siapkan Pembangkit di Nusa Penida

DENPASAR, KOMPAS - Perusahaan Listrik Negara Distribusi Bali mulai membangun sebanyak tujuh unit pembangkit listrik tenaga bayu dan satu unit pembangkit listrik tenaga surya di Bukit Mundi, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Ini merupakan kegiatan yang dipersiapkan menjelang Konferensi Konvensi PBB tentang perubahan iklim yang diikuti sekitar 10.000 peserta dari belahan dunia, pada 3-14 Desember mendatang.

Sebanyak tiga unit pembangikit listrik tenaga bayu yang dibangun oleh PLN berkekuatan masing-masing 85 Kilowatt (KW). Sementara empat unit lainnya berkekuatan 80 KW dan pembangkit tenaga surya hanya 30 KW.

Ini menambah dua unit pembangkit listrik tenaga disel dan dua unit pembangkit tenaga bayu di lokasi yang sama yang telah dibangun tahun lalu.

“Pembangunan mengejar konferensi PBB di Nusa Dua mendatang. PLN membangun tiga unit masing-masing bernilai sekitar Rp 3,5 miliar. Sedangkan lima unit lainnya menggunakan dana APBN dan kami tidak tahu pastinya berapa dana untuk itu,” kata Humas PLN Distribusi Bali, Wayan Redika, Denpasar, Kamis (8/11).

Lanjut Radika, ini mewujudkan Nusa Penida sebagai desa wisata energi terbarukan. Ini menjadi kawasan percontohan pertama di Indonesia.

Pada tahun lalu, pembangkit yang telah ada berkekuatan dua unit tenaga bayu berdaya total 80 KW. Sebelumnya, Nusa Penida mengandalkan satu pembangkit tenaga disel berkekuatan 2,7 Megawatt (MW). Setelah adanya pembangkit bayu, PLN menjadi hemat sekitar Rp 300 juta. Pengehematan ini berupa berkurangnya penggunaan bahan bakar solar penggerak pembangkit disel yang membutuhkan 6.300 liter per hari.

Laporan Wartawan Kompas Ayu Sulistyowati

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook