Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Padam di Ambon Gara Gara Dihantam Angin Kencang

 
 

Angin Kencang Hantam Ambon, Listrik Padam

AMBON, KOMPAS - Angin kencang yang menghantam Kota Ambon di Provinsi Maluku menumbangkan sejumlah pohon dan memutus kabel listrik PLN, Minggu (6/1). Angin kencang terjadi antara pukul 16.15-17.00 WIT disertai hujan lebat. Putusnya kabel listrik menyebabkan sebagian Kota Ambon gelap dan hingga pukul 20.00 WIT listrik belum menyala.
 
Kabel listrik yang putus tertimpa pohon ada di pusat kota di dekat gardu listrik kompleks Lapangan Merdeka. Pohon beringin besar yang berada di dekat gardu listrik roboh dan tercerabut akarnya. Batang kayu menimpa kabel listrik dan menyebabkan aliran listrik padam.
 
Pohon yang tumbang juga memacetkan jalan. Pohon baru bisa disingkirkan dari jalan sekitar pukul 19.00 WIT setelah dipotong menggunakan gergaji mesin.
 
Angin kencang menghantam Ambon mulai dari daerah pesisir  hingga perbukitan. Di daerah Galunggung salah satu komplks permukiman di perbukitan, angin mengangkat atap-atap seng. Hantaman angin menyebabkan atap seng berderit karena terangkat karena beberapa paku terangkat.
 
Husein warga Galaunggung mengaku takut saat terjadi angin kencang karena pohon mangga di depan rumahnya nyaris tumbang. Ia berencana menebang pohon mangga itu jika angin ribut masih terjadi lagi.
 
Herman Rahalus, Kepala Kantor Meteorologi Ambon menjelaskan, angin kencang yang terjadi di Maluku dipicu oleh depresi tekanan udara di Teluk Carpentaria, Australia. Pusat udara tekanan rendah itu menarik angin dari daerah di sekitarnya termasuk Maluku. Ia mengimbau supaya masyarakat terutama yang beraktivitas di lautan mewaspadai potensi angin kencang itu. Daerah yang berpotensi besar terjadi angin ribut adalah Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat dan Kepulauan Aru.

Laporan Wartawan Kompas Agung Setyahadi

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook