Alpen Steel | Renewable Energy

~ Teknologi Magnetic Levitation Pada Turbin Angin

Turbin Angin Maglev, Sebuah Revolusi (?)

Zhongke Hengyuan Energy Technology CO. Ltd yang berpusat di Guangzhou, menginvestasikan dana sebesar 400 juta yuan untuk pembangunan pondasi tersebut. Perusahaan tersebut berharap memperoleh pendapatan sebesar 1,6 milyar yuan pertahunnya dari pembangkit listrik tersebut.

Pondasi yang ada akan digunakan untuk beberapa pembangkit listrik tenaga angin berteknologi maglev yang masing-masingnya mempunyai kapasitas daya mulai dari 400 watt hingga 5.000 watt di semester pertama tahun 2008.

Generator maglev yang dikembangkan Guangzhou Energy Research Institue, di bawah naungan Chinese Academy of Science, bersama dengan Zhongke Hengyuan Energy Technology CO. Ltd diperkirakan mampu menangkap energi angin di daerah dengan kecepatan angin yang rendah. Teknologi magnetic levitation yang digunakan menjadikan generator tersebut bisa berputar tanpa mengalami gesekan yang akan menghambat putaran awal, sehingga kecepatan angin 1,5 meter per detik pun telah bisa menggerakkannya.

060.jpg

Turbin angin konvensional membutuhkan angin dengan kecepatan yang tinggi agar bisa mulai berputar. Kecepatan angin dibutuhkan untuk mengimbangi terjadinya gesekan yang diakibatkan oleh bearing-bearingnya, papar Li Guokun, chief scientific teknologi tersebut.

Generator maglev bisa mengurangi biaya operasional pembangkit listrik tenaga angin hingga setengahnya. sehingga biaya keseluruhannya masih di bawah US$ 0.05 per kWh, tambah Li.

Generator tersebut bisa digunakan di pulau-pulau, stasiun TV dan menghasilkan listrik bagi penerangan jalan dengan memanfaatkan aliran udara yang ditimbulkan oleh kendaraan yang lewat.

Sumber: Energy Portal

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook