Alpen Steel | Renewable Energy

~ Google Inc,Google Energy LLC Beli Listrik Angin

Google Beli Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Bayu NextEra Untuk Fasilitas Pusat Data

Google  Beli Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Bayu NextEra Untuk Fasilitas  Pusat Data

Berbeda dengan Facebook dalam sudut pandang pemakaian listrik untuk pusat datanya, Google lebih memilih menggunakan energi ''hijau'' dan mendorong pemanfaatannya.

Urs Hoelzle, Senior Vice President of Operation di Google, memaparkan dalam blognya bahwa Google sejak tahun 2007 telah memutuskan menjadi sebuah perusahaan yang memiliki jejak karbon nol. Keputusan yang bersifat sukarela tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Google atas emisi karbonnya dan mendorong solusi bagi lingkungan yang berkesinambungan.

Ada tiga langkah yang dilakukan Google untuk mencapai tujuannya tersebut. Ketiga langkah yang diambil Google tersebut direalisasikan dengan tindakan nyata.

Langkah pertama adalah mengurangi atau memperkecil konsumsi energi. Salah satu bentuk nyata pencapaian cara yang pertama, Google telah membangun beberapa pusat data yang paling hemat energi di dunia.

Langkah kedua adalah menggunakan energi terbarukan untuk memasok listrik bagi fasilitas-fasilitas tersebut. Salah satu yang bisa dilihat adalah kantor pusat Google di Mountain View, California. Pembangkit listrik tenaga surya terpasang di sana, dan menjadikan Google sebagai salah satu perusahaan dengan pembangkit listrik tenaga surya terluas di dunia.

Yang ketiga adalah membeli carbon offset dari perusahaan listrik yang memanfaatkan sepenuhnya energi terbarukan sebagai sumber listriknya. Google menyadari bahwa masih ada emisi karbon yang tidak bisa secara langsung dihilangkan.

Google Inc. melalui anak perusahaannya, Google Energy LLC, akan membeli listrik dari energi angin yang dimiliki NextEra Energy Inc. Kesepakatan yang dicapai antara Google dengan NextEra merupakan salah satu bentuk langkah ketiga tersebut.

Mulai akhir bulan Juli 2010 ini, Google akan membeli energi bersih dari pembangkit listrik tenaga bayu 114 MW yang dimiliki NextEra selama 20 tahun. Menurut Google kapasitas daya sebesar itu cukup untuk menjalankan beberapa pusat data yang dimilikinya.

Tujuan Google bukan hanya menggantikan pasokan listrik energi konvensional dengan energi terbarukan, tetapi lebih jauh lagi Google juga bermaksud untuk mendorong pengembang energi terbarukan untuk lebih produktif mengembangkan energi terbarukan.

Menurut Urs Hoelzle, pembelian energi terbarukan sama artinya memberikan kepastian pendanaan bagi pengembang energi terbarukan untuk proyek energi bersih berikutnya. Karena menurutnya, pendanaan merupakan salah satu hambatan utama pengembangan energi terbarukan.

 

Sumber : Planethijau

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook